Mari Kenali! 5 Penyakit yang Sering Tiba di Saat Musim Penghujan

Mari Kenali! 5 Penyakit yang Sering Tiba di Saat Musim Penghujan

Foto--

SILAMPARITV.CO.IDCuaca saat ini musim penghujan yang memiliki intesitas yang sangat tinggi yang banyak menyebabkan terjadinya banjir.

Banyaknya genangan air,hawa dingin,serta melakukan kontak dengan orang atau benda yang terkontaminasi virus akan dapat membuat kamu tertular penyakit tersebut di musim hujan saat ini.

Mari kita mengenali penyakit saat musim hujan saat ini, berbagai penyakit umum yang biasa terjadi di musim hujan, maka ini akan membuat kamu lebih waspada dan lebih siap dalam penanganan dan pencegahannya.

1.Leptospirosis

Leptospirosis adalah jenis penyakit yang penyebarannya melalui bakteri,Biasanya orang dengan mudah mengalami penyakit ini bila bersentuhan dengan tanah,air,atau makanan yang terkontaminasi urine, darah, atau jaringan hewan yang terinfeksi penyakit.

BACA JUGA:Ingin Mental Sehat? Lakukan Kebiasaan Ini di Pagi Hari

Gejala terinfeksi leptospirosis antara lain demam,sakit kepala, nyeri otot terutama pada betis dan paha, serta muntah-muntah yang tidak jelas. Untuk beberapa kasus,gejalanya bisa parah termasuk meningitis, kerusakan hati dan ginjal,atau bahkan kematian.

Kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dengan cara menghindari genangan air di jalan. Segera bersihkan diri dengan air mengalir,bila suatu waktu terciprat genangan. 

2.Flu

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan biasanya di hidung,Flu adalah kondisi yang umum terjadi di musim hujan.Namun, komplikasi dari flu bisa memicu pneumonia, dan ini bisa mematikan anda.

Anak-anak,orang tua, pasien dengan penyakit kronis, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah atau menggunakan obat imunosupresif, berisiko mengalami komplikasi flu. Cara pencegahan dari infeksi flu adalah rajin mencuci tangan setiap kali dari toilet ataupun aktivitas di luar rumah. 

BACA JUGA:Turunkan Kolesterol Jahat dengan Konsumsi Minuman Ini, Yuk Dicoba!

3.Demam Berdarah

Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes yang menyukai air dan kelembapan yang ada disekitaran rumah.Tahap pertama dari gejala demam berdarah adalah 2-7 hari demam dan nyeri otot. 

Sumber: