Daun Pepaya Dengan Segudang Manfaatnya, Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Daun Pepaya Dengan Segudang Manfaatnya, Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

--

SILAMPARITV.CO.IDPepaya merupakan buah tropis yang populer karena manfaatnya yang disebut mampu melancarkan pencernaan. Pasalnya, pepaya adalah sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat baik. 

Tidak hanya buahnya saja, daun pepaya juga kaya akan mineral seperti fosfor, zat besi, kalium, kalsium, serta magnesium, dikutip dari Healthline. Meskipun penelitian pada manusia terbatas, ekstrak dari air rebusan daun pepaya sering kali digunakan untuk mengobati berbagai penyakit serta menjaga kesehatan dalam berbagai cara. Lantas, apa saja khasiat dari air rebusan daun pepaya?

Khasiat minum air rebusan daun pepaya untuk kesehatan Berikut beberapa khasiat air rebusan daun pepaya yang jarang diketahui:

1. Mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah Salah satu manfaat mengonsumsi air rebusan daun pepaya yang paling menonjol adalah potensinya untuk mengobati gejala tertentu yang terkait dengan demam berdarah.

BACA JUGA:7 Cara Agar Berhenti Merokok dan Manfaatnya, Berikut Simak!

Dengue merupakan virus yang ditularkan oleh nyamuk, serta dapat ditularkan ke manusia dan menyebabkan gejala seperrti flu, demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, hingga ruam kulit.

Kasus yang parah juga bakal mengakibatkan penurunan kadar trombosit didalam darah. Kadar trombosit yang rendah juga dapat berkontribusi pada peningkatan risiko perdarahan dan berpotensi fatal apabila tidak diobati.

Meskipun kini tidak ada obat untuk demam berdarah, namun saat ini ada beberapa perawatan yang bisa untuk mengelola gejalanya, salah satunya adalah dengan daun pepaya. Dari tiga penelitian yang dilakukan pada manusia yang melibatkan beberapa ratus orang dengan demam berdarah menemukan, ekstrak daun pepaya secara signifikan meningkatkan kadar trombosit darah.

2. Meningkatkan keseimbangan gula darah Air rebusan daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah.

BACA JUGA:8 Manfaat Rutin Makan Buah dan Sayur untuk Kesehatan

Selain hal itu, studi pada hewan dengan diabetes juga menemukan ekstrak dari air rebusan daun pepaya memiliki antioksidan kuat dan efek penurun pada gula darah. Hal ini disebabkan karena kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

 Namun, masih belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa efek yang sama atau serupa mampu terjadi pada manusia. Diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk menentukan apakah daun pepaya bisa digunakan dalam mengelola kadar gula darah yang tinggi pada manusia.

3. Mendukung fungsi pencernaan

Ekstrak daun pepaya sering kali digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti kembung hingga mulas. Pasalnya, daun pepaya juga mengandung serat dan nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat, serta senyawa unik yang disebut papain.

Sumber: