Unik! Inilah Ampo Makanan yang Terbuat dari Tanah, Khas Tuban

Unik! Inilah Ampo Makanan yang Terbuat dari Tanah, Khas Tuban

makanan ampo khas tuban--tirto.id

SILAMPARITV.CO.IDPernahkah Anda mendengar masakan khas Tuban? Namanya "Ampo". Mungkin terdengar aneh, namun Ampo merupakan makanan khas Tuban yang akan menggugah rasa penasaran Anda. 

Ampo ini bukanlah makanan biasa yang terbuat dari bahan-bahan dapur seperti kebanyakan makanan yang kita kenal. Tapi, Ampo terbuat dari tanah liat!

Ya itu benar! Makanan ini berasal dari Kabupaten Tuban Jawa Timur dan mempunyai daya tarik tersendiri di sana. 

Namun jangan salah, karena meski berupa tanah liat, namun bukan tanah Ampo yang biasa kita temukan di halaman belakang rumah. Tanah liat yang digunakan untuk membuat amp melewati perawatan khusus dan higienis.

BACA JUGA:Wajib Coba! Ayam Taliwang Khas Karang Taliwang, Gurih dan Bikin Nagih!

Proses pembuatan amplinya sendiri cukup menarik. Pertama, tanah liat yang dipilih dibersihkan dan dicuci secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran dan zat yang tidak diinginkan. 

Tanah liat tersebut kemudian dihancurkan dan dicampur dengan bahan lain seperti air, gula, dan pewarna alami. Semua bahan ini dicampur dalam proporsi yang tepat untuk menciptakan tekstur dan rasa yang tepat.

Setelah bahan-bahan tersebut tercampur rata, proses selanjutnya adalah membentuk Ampa. Ampo biasanya dibuat dalam bentuk bulat kecil atau lonjong seperti kue tradisional. Setelah itu, Ampo dikeringkan dengan cara khusus untuk menjaga kemurniannya dan menjamin keamanan pangan.

Seiring berjalannya waktu, Ampo tidak hanya menjadi makanan khas Tuba, tapi juga menjadi oleh-oleh populer bagi wisatawan yang datang ke daerah tersebut. Keunikan Ampo sebagai makanan yang terbuat dari tanah liat membuatnya menjadi sorotan dan menarik perhatian banyak orang.

BACA JUGA:Mie Hitam yang Sering Muncul Dalam Drama! Mengenal Jajangmyeon Hidangan Khas Korea

Jangan merasa buruk, oke! Walaupun terbuat dari tanah liat, tapi rasa Ampo-nya enak dan asin banget. Ada sensasi aneh saat dicicipi, karena teksturnya yang lembut dan sedikit kenyal. Rasanya yang khas menjadikan Ampo pengalaman kuliner yang berbeda dan sayang untuk dilewatkan.

• Mitos Ampo

Tembikar yang diberi nama "Ampo" ini telah menjadi makanan tradisional yang dipercaya oleh masyarakat pulau tersebut, khususnya masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur, untuk menguatkan sistem pencernaan. Mengonsumsi tanah liat dipercaya dapat menjadi obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

• Pembuatan Ampo

Sumber: