Mau Langsing Saat Hari Raya? Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur

Mau Langsing Saat Hari Raya? Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur

--

SILAMPARITV.CO.IDMenjaga berat badan saat bulan puasa bisa menjadi tantangan, terutama ketika mendekati Hari Raya. Saat Sahur, pilihan makanan yang tepat dapat membantu Anda tetap merasa kenyang dan bertenaga sepanjang hari, sambil tetap menjaga asupan kalori.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar tetap dapat mencapai tujuan penurunan berat badan Anda. Berikut adalah lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat Sahur untuk tetap menjaga langsing Anda menjelang Hari Raya:

Makanan Berlemak Tinggi

Makanan tinggi lemak, seperti gorengan, makanan berminyak, dan makanan cepat saji, sebaiknya dihindari. Lemak jenuh dan trans lemak dalam makanan ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko penyakit jantung. Sebagai gantinya, pilihlah sumber lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula, seperti kue, permen, dan minuman manis, dapat meningkatkan kadar gula darah Anda secara drastis dan membuat Anda merasa lapar lebih cepat. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan dan pilihlah buah-buahan segar sebagai alternatif yang lebih sehat.

BACA JUGA:Dibalik Keseruan, Ini Bahaya Main Petasan Secara Berlebihan

Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, dan pasta, memiliki nilai glikemik tinggi yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan nafsu makan. Sebaiknya, pilihlah karbohidrat kompleks yang kaya serat, seperti roti gandum, beras merah, dan quinoa, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Makanan Tinggi Garam

Konsumsi makanan tinggi garam, seperti makanan olahan, keripik, dan camilan asin lainnya, dapat menyebabkan retensi air dan membuat Anda merasa bengkak. Batasi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam dan pilihlah makanan yang lebih rendah garam atau tanpa tambahan garam.

Minuman Bersoda dan Berkafein

BACA JUGA:Kisah Tragis di Balik Tembok Permata Jingga: Kekerasan Terhadap Balita oleh Suster Indah

Minuman bersoda dan berkafein, seperti soda, kopi, dan teh, dapat mengandung banyak kalori dan dapat mengganggu pola tidur Anda. Selain itu, minuman berkafein juga dapat meningkatkan dehidrasi karena sifat diuretiknya. Sebaiknya, pilihlah air putih sebagai minuman utama Anda untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan hindari minuman manis dan berkafein.

Sumber: