5 Temuan Leonardo da Vinci yang Merevolusi Teknologi

Minggu 09-06-2024,09:15 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

4. Parasut

Leonardo da Vinci merancang sebuah parasut berbentuk piramida dengan kerangka kayu dan kain. Desain ini menggambarkan cara aman untuk turun dari ketinggian. 

BACA JUGA:Hansi Flick Menjadi Pelatih Baru Barcelona Menggantikan Xavi

Uji coba modern pada tahun 2000-an membuktikan bahwa parasut Leonardo bekerja dengan baik dan mampu memperlambat kecepatan jatuh, membuktikan kecemerlangan visinya. Ide ini kemudian menginspirasi pengembangan parasut modern yang digunakan dalam penerbangan dan olahraga ekstrem.

5. Ball Bearing

Leonardo juga merancang sistem bantalan bola (ball bearing) yang digunakan untuk mengurangi gesekan antara dua permukaan bergerak. 

Desain ini terdiri dari bola-bola yang ditempatkan di antara dua cincin untuk mengurangi gesekan dan memungkinkan gerakan yang lebih halus dan efisien. 

BACA JUGA:Kekerasan Tanpa Ampun Tragedi Pembantaian di Kamp Rafah Membakar Hati Dunia

Teknologi ini sangat penting dalam berbagai mesin modern, mulai dari kendaraan hingga peralatan industri, dan masih digunakan luas hingga hari ini.

Leonardo da Vinci tidak hanya meninggalkan warisan dalam seni, tetapi juga dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Temuannya yang revolusioner membuktikan betapa jenius dan visioner dirinya, dengan banyak konsep yang terus menginspirasi inovasi teknologi modern. 

BACA JUGA:Tiongkok dan Thailand Sepakat Tinggalkan Dolar, Mengapa?

Melalui catatan dan sketsa-sketsanya, Leonardo da Vinci tetap menjadi simbol kreativitas dan penemuan yang tak pernah lekang oleh waktu.

Kategori :