Selamat, Pemkot Lubuklinggau Raih Opini WTP 10 Kali Berturut-turut

Jumat 23-09-2022,15:46 WIB
Reporter : admin
Editor : admin

BERIKAN - Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan penghargaan kepada pihak Pemkot Lubuklinggau. (Foto: Istimewa)

LUBUKLINGGAU – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Penghargaan tersebut apresiasi atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diserahkan langsung Menteri Keuangan, Sri Mulyani kepada Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemkot Lubuklinggau, AH Ritonga, Kamis (22/9/2022).

Dalam penerimaan ini, Kota Lubuklinggau masuk dalam kategori 10 kali berturut-turut dalam menerima WTP. Sejak 2011 sampai dengan 2021, Pemkot Lubuklinggai sudah 11 kali berturut-turut menerima WTP.

Penghargaan diserahkan dalam kegiatan puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu, Hadiyanto menerangkan, tema Rakernas adalah Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Dengan tema tersebut dia berhatap dapay menjadi energi bagi seluruh pengelola keuangan dan kinerja. Baik di pemerintah pusat atau daerah dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja dan keuangan secara simultan.

Baca Juga : Warga Solok Sumbar Gagal Bongkar ATM BNI dengan Cara Ganjal Lidi

Selain itu, menurutnya Rakernas tahun ini bertujuan untuk memberikan apresiasi atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Kemenkeu, lembaga dan Pemda.

Sekaligus pula sambunya untuk mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan serta kinerja pemerintah. Termasuk meningkatkan awareness dan menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi Nasional.

Lebih lanjut, rangkaian acara Rakernas telah dimulai sejak 22 Agustus lalu. Ada 4 kategori kegiatan yang telah dilaksanakan sebelum menyongsong acara puncak hari ini. Pertama, melaksanakan 5 jenis perlombaan yaitu lomba cerdas cermat secara online, komik digital, infografis, storytelling dan menulis artikel.

Kedua, mengadakan webinar dengan tema Generari Juara Peduli Akuntabilitas Keuangan Negara pada 19 September, dan memberikan layanan coaching clinic selama dua hari, pada 20-21 September 2022. Ketiga, menggelar pameran layanan dan produk unggulan.

“Acara puncak hari ini terdiri dari 2 agenda, penyerahan penghargaan kepada lembaga dan pemerintah daerah dengan opini WTP dan talkshow,” timpal Hadiyanto.

Rakernas dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua Komisi Yudisial, Wakil Ketua MA, Sesjen Kemenkeu Heru Pambudi, Anggota II BPK Daniel Lumban Tobing, Kapolri, perwakilan Kejaksaan Agung, serta pejabat tinggi lainnya.(ans/rls)

Tags :
Kategori :

Terkait