Ducati Luncurkan Panigale V4 Model Anyar 2025, Makin Mirip Spek MotoGP

Sabtu 27-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

BACA JUGA:Cari Motor Listrik 8 Jutaan? United MX1200 Jawabannya, Fitur Lengkap dengan Daya Jelajah Luar Biasa

Penggunaan double wishbones tidak sia-sia, karena hasil tes Ducati menunjukkan cengkeraman motor semakin maksimal jika menggunakan double wishbones, terutama di tikungan tajam dan posisi sepeda motor menanjak. 

Posisi suspensi belakang kini berada pada posisi normal yakni. di tengah, meski masih menempel di mesin. Pasalnya mesin Panigale V4 terbaru tetap menjadi bagian sasis. 

Kemudian jika dilihat dari struktur rangkanya juga mengalami perubahan yang signifikan, walaupun masih langsung terlihat bahwa itu adalah Panigale.

BACA JUGA:Suzuki Obral XL7 Bulan Ini, Harga Dicukur Sampai Sebesar Ini

BACA JUGA:Sekelas Vespa Matic, Ini Penampakan Skutik Retro Suzuki Access 125

Salah satu tujuannya adalah untuk menurunkan koefisien drag, dan berhasil menurunkannya sebesar 4%.

Dari depan, "wajah" berubah total dengan lampu depan menyempit, diikuti sayap tepat di samping. Di bagian samping, ventilasi radiator dibuat lebih lebar agar dampaknya lebih besar.

Uniknya, desain lampu depan dan cover pelindungnya terinspirasi dari motor legendaris Ducati 916. Bagaimana dengan mesinnya? Basis mesinnya masih sama dengan Panigale sebelumnya, 1103cc V4 DOHC Desmodromic 16-katup injeksi berpendingin cairan, namun dioptimalkan dan bobot berkurang sekitar 1 kg. Hebatnya, meskipun sekarang standar Euro 5+ sangat ketat, namun tetap efisien. Panigale V4 2025 mempunyai tenaga maksimal 216 PS pada 13.500 rpm dengan torsi maksimal 120,9 Nm pada 11.250 rpm. 

BACA JUGA:Suzuki Let's Basket: Tampangnya Nyeleneh, Tapi Daya Angkut dan Iritnya Bikin Senyum

BACA JUGA:Harga Motor Terbaru Keluaran Suzuki 2024: Pilihan dan Inovasi

Sementara bobot basah Panigale V4 S tanpa bahan bakar hanya 186 kg, ringan! Panigale V4 2025 tersedia dalam dua versi, V4 saja atau Standar dan V4 S. Perbedaan utama antara keduanya adalah V4 S menggunakan suspensi elektronik Ohlins, velg aluminium tempa, dan baterai lithium.

Kategori :