Tidak Perlu ke Dokter, Ini Cara Atasi Sakit Jantung Secara Alami

Minggu 01-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Menghabiskan waktu dengan hobi yang Anda nikmati dan menjaga hubungan sosial yang positif juga dapat membantu mengurangi tingkat stres.

BACA JUGA:Catat Girls, 4 Tips Ini Dapat Hindari Bibir Kering

BACA JUGA:4 Cara 'Membersihkan' Ginjal Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah

4. Konsumsi Herbal dan Suplemen

Beberapa herbal dan suplemen dapat mendukung kesehatan jantung. Misalnya, bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol. 

Omega-3 dari suplemen minyak ikan juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen atau herbal, terutama jika Anda sedang menjalani pengobatan atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

5. Berhenti Merokok dan Batasi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak kesehatan jantung. Berhenti merokok adalah salah satu langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

BACA JUGA:Benarkah Memakai Makeup Tebal Bisa Bikin Kulit Wajah Kusam? Simak di Sini!

BACA JUGA:Begini Cara Rawat Kuku dan Rambut: Bisa Lakukan Sendiri Tanpa Harus ke Salon

Selain itu, batasi konsumsi alkohol sesuai dengan pedoman yang dianjurkan, karena konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dengan menerapkan langkah-langkah alami ini, Anda dapat mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko masalah jantung. Namun, jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan atau memiliki riwayat penyakit jantung, sangat penting untuk mencari perawatan medis profesional.

Kategori :