Resep Martabak Manis, Bisa Jadi Ide Jualan Camilan

Senin 02-09-2024,18:30 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

- 1/2 sendok teh garam

- Butter atau margarin secukupnya untuk olesan

Topping:

- 200 gram meses cokelat

- 100 gram keju parut

- 200 gram kacang tanah sangrai, cincang kasar

- Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

Mempersiapkan Adonan: Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, baking powder, soda kue, dan garam. Aduk rata. Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan susu cair hingga tercampur rata. Tuang campuran telur dan susu ke dalam campuran tepung, aduk hingga adonan halus dan tidak bergerindil. Diamkan selama 30 menit untuk proses fermentasi.

Memanaskan Pan: Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Olesi permukaan wajan dengan sedikit butter atau margarin. Tuang adonan ke dalam wajan dan ratakan hingga membentuk lapisan yang cukup tebal. Biarkan selama 10-15 menit hingga muncul banyak gelembung di permukaan dan bagian bawah martabak berwarna kecokelatan.

BACA JUGA:Resep Khalam, Sup Hangat Khas India untuk yang Sedang Sakit

BACA JUGA:Resep Bika Ambon Sagu Lembut dan Bersarang ala Homemade

Menambahkan Topping: Setelah martabak matang di bagian bawah dan ada banyak gelembung, taburkan topping sesuai selera. Biasanya, meses cokelat, keju parut, dan kacang tanah menjadi pilihan favorit. Tambahkan gula pasir di atasnya jika suka.

Menyelesaikan Martabak: Lipat martabak menjadi dua dan tekan-tekan sedikit untuk memastikan topping menempel. Biarkan selama beberapa menit agar topping meleleh dan meresap.

Menyajikan: Angkat martabak dari wajan dan potong-potong sesuai selera. Sajikan dalam keadaan hangat atau dingin, sesuai preferensi.

Kategori :