Cara Buat Bubur Kacang Ijo dengan Santan Kental, Bisa Jadi Menu Sarapan

Minggu 08-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani


ilustrasi santan kental--sajiansedap.grid.id

BACA JUGA:4 Resep Kue Tradisional dari Singkong: Simpel Tapi Menggoda

BACA JUGA:Resep Kue Putu Ayu Pandan yang Lembut, Sajian untuk Acara Maulid Nabi

Cara Membuat:

Mempersiapkan Kacang Ijo:

Setelah direndam semalaman, tiriskan kacang ijo. Rebus kacang ijo dalam air mendidih selama sekitar 30-40 menit atau hingga kacang menjadi empuk. Anda juga bisa menggunakan panci pressure cooker untuk mempercepat proses ini.

Membuat Bubur:

Setelah kacang ijo empuk, tiriskan dan masukkan kembali ke dalam panci bersih. Tambahkan 750 ml air dan daun pandan. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga kacang mulai hancur dan tekstur bubur menjadi kental.

Menambahkan Gula dan Garam:

BACA JUGA:Resep Udang Asam Manis Saus Tiram Senikmat di Restoran

BACA JUGA:Cilok dari Teri: Tanpa Ikan, Rasanya Tak Kalah Enak! Begini Resepnya

Setelah bubur mulai mengental, tambahkan gula merah, gula pasir, dan garam. Aduk rata hingga gula larut dan bubur memperoleh rasa manis yang diinginkan. Masak selama beberapa menit lagi hingga gula larut sepenuhnya dan bubur mengental.

Menambahkan Santan:

Tuang santan kental ke dalam bubur kacang ijo dan aduk rata. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga santan tercampur rata dan bubur menjadi lebih kental. Jangan lupa untuk menjaga api kecil agar santan tidak pecah.

Mengentalkan Bubur:

Jika Anda menginginkan bubur yang lebih kental, tambahkan larutan maizena sedikit-sedikit sambil diaduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Masak selama beberapa menit hingga bubur mencapai konsistensi yang diinginkan.

Kategori :