5 Cara Membuat Orang Lain Merasa Nyaman di Dekatmu

Selasa 10-09-2024,10:28 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

Empati adalah kemampuan untuk memahami perasaan orang lain dari sudut pandang mereka. 

Tunjukkan empati dengan mengekspresikan perhatian terhadap perasaan mereka, misalnya dengan mengatakan, “Saya bisa mengerti mengapa kamu merasa seperti itu,” atau, “Itu pasti tidak mudah untukmu.” Selain itu, selalu bersikap tulus dan jujur. 

Ketulusan membuat orang merasa bahwa kamu tidak memiliki agenda tersembunyi dan benar-benar peduli.

4. Jangan Terlalu Menghakimi atau Mengkritik

Hindari menghakimi atau memberikan kritik yang tidak konstruktif. Jika seseorang berbagi cerita atau pengalaman, cobalah untuk tidak langsung memberikan penilaian negatif atau solusi yang tidak diminta. 

Sebaliknya, dengarkan dengan pikiran terbuka dan berikan dukungan emosional. 

Orang akan merasa lebih nyaman jika mereka tahu bahwa kamu adalah seseorang yang dapat mereka percaya dan tidak akan menghakimi mereka.

5. Jadilah Pendengar yang Aktif

BACA JUGA:4 Ciri Orang Hanya Memanfaatkanmu, Hati-Hati!

BACA JUGA:10 Ciri Ini Bertanda Bahwa Pasangan Mu Red Flag

Menjadi pendengar yang baik bukan hanya tentang mendengar kata-kata, tetapi juga menangkap maksud dan perasaan di baliknya. 

Ajukan pertanyaan yang menunjukkan minatmu terhadap apa yang mereka katakan, seperti “Bagaimana perasaanmu tentang itu?” atau “Apa yang kamu pikirkan selanjutnya?” 

Dengan menjadi pendengar yang aktif, kamu membuat lawan bicara merasa penting dan dihargai, yang secara alami membuat mereka merasa lebih nyaman di dekatmu.

Membuat orang lain merasa nyaman di dekat kita adalah kombinasi dari perhatian, empati, ketulusan, dan kemampuan mendengarkan. 

Kategori :