11 Manfaat Sering Membaca Buku, Salah Satunya Bisa Mengurangi Stres

Rabu 18-09-2024,12:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Bagi anda yang sering membaca buku, bertambahnya kosakata dari membaca buku terlebih dahulu otomatis membantu kita membangun kemampuan menulis sendiri. Misalnya saja menulis cerita pendek, puisi, dan sebagainya.

9. Dapat Memperluas Pemikiran Seorang 

BACA JUGA:Kamu Introvert? Ini 5 Ekstrakulikuler yang Cocok Buat Kalian

BACA JUGA:Apa Saja Syarat Agar Bisa Keterima Kerja di Perhotelan? Simak Berikut!

Dilaporkan bahwa orang yang suka membaca lebih kreatif dibandingkan orang yang tidak terlalu banyak membaca atau tidak suka membaca sama sekali. Dengan membaca buku, kita dapat berbagi pengalaman dengan orang lain atau memikirkan berbagai hal yang nantinya dapat kita gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

10. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial 

Jika kamu gemar membaca buku juga akan menyentuh aspek kehidupan sosial masyarakat, lebih banyak membicarakan berbagai aspek kehidupan orang lain seperti budaya dan kehidupan sosial masyarakat. Jadi, jika suatu saat kita mencapai titik itu, kita akan tahu bagaimana mengatur waktu kita secara kreatif. Meningkatkan keterampilan berbicara dapat terjadi jika anda sering membaca buku.

11. Dapat Membantu Terhubung dengan Dunia Luar 

BACA JUGA:3 Negara Ini Punya Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

BACA JUGA:5 Beasiswa S1-S3 Gratis ke Luar Negeri Tanpa Surat Rekomendasi

Seorang psikolog dari University of Buffalo mengatakan bahwa ketika seseorang membaca sebuah buku, dia dapat mengidentifikasi diri dengan orang-orang yang ada di dalam buku yang sedang dibacanya. Dia mengetahui situasi nyata yang dapat meningkatkan pemahaman kita. Dengan kata lain, membaca dapat meningkatkan hubungan kita dengan dunia luar.

Oleh karena itu, jadi detikers sudah tahukan manfaat mengapa kita harus sering membaca buku. Semoga kalian semakin semangat membaca buku ya!

Kategori :