Kenali Delusional Love Disorder: Kondisi yang Mengira Semua Orang Menyukai Anda

Minggu 22-09-2024,09:30 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

SILAMPARITV.CO.ID - Delusional Love Disorder (DLD) adalah kondisi psikologis yang ditandai oleh keyakinan salah bahwa seseorang, atau bahkan banyak orang, memiliki perasaan romantis yang kuat terhadap individu tersebut. 

Kondisi ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari dan hubungan interpersonal. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang DLD.

Apa itu Delusional Love Disorder?

DLD merupakan salah satu jenis delusi yang terkait dengan cinta. Penderitanya mungkin meyakini bahwa orang lain—baik yang dikenalnya maupun yang tidak—menunjukkan tanda-tanda ketertarikan romantis yang sebenarnya tidak ada.

 Keyakinan ini tidak hanya mengganggu pemikiran, tetapi juga dapat memengaruhi tindakan dan keputusan dalam kehidupan sehari-hari.

Gejala DLD

Keyakinan yang Kuat

Penderita DLD seringkali memiliki keyakinan yang sangat kuat, meskipun tidak ada bukti yang mendukung. Mereka mungkin meyakini bahwa senyuman, tatapan, atau bahkan kebetulan adalah tanda cinta.

Persepsi yang Terganggu

BACA JUGA:Pelatihan Fisika Berbasis Game Digital Tingkatkan Literasi Energi Siswa bagi MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas

BACA JUGA:4 Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Individu dengan DLD mungkin mengalami kesulitan dalam memahami kenyataan. Mereka sering mengabaikan fakta yang bertentangan dengan keyakinan mereka.

Tindakan Berlebihan

Seseorang dengan DLD mungkin mengambil tindakan berlebihan untuk merespons perasaan yang salah, seperti mencoba mendekati orang yang mereka yakini menyukai mereka, meskipun orang tersebut tidak menunjukkan minat.

Kategori :