Begini Cara Tepat Bikin Asinan Buah, Dijamin Seger dan Ketagihan

Minggu 22-09-2024,21:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

BACA JUGA:Resep Sayap Ayam Panggang Manis Pedas Gurih yang Mudah Dibuat

1 liter air

Cara Membuat Asinan Buah:


asinan buah segar--indo tren

Siapkan Buah

Cuci bersih semua buah-buahan yang sudah dipilih. Kupas kulit buah yang perlu dikupas, lalu potong-potong sesuai selera. Potongan bisa berupa dadu, memanjang, atau sesuai bentuk favorit Anda.

Buat Bumbu Kuah Asinan

Haluskan cabai merah keriting dengan sedikit garam hingga benar-benar lembut. Anda bisa menggunakan blender atau ulekan sesuai kenyamanan. Setelah halus, masukkan cabai ke dalam panci.

BACA JUGA:Resep dan Tips Membuat Keripik Bawang Renyah

BACA JUGA:Cara Membuat Sambal Goreng Enak: Praktis dan Tahan Lama

Rebus Kuah Asinan

Tambahkan air ke dalam panci berisi cabai halus, lalu nyalakan api sedang. Masukkan gula pasir dan garam, aduk rata hingga gula larut. Setelah larut, tambahkan cuka dan aduk kembali hingga merata. Matikan api, lalu diamkan kuah hingga dingin.

Campurkan Buah dengan Kuah Asinan

Setelah kuah dingin, tuangkan ke dalam wadah berisi potongan buah. Aduk rata hingga semua buah terendam dengan baik dalam kuah. Diamkan di dalam kulkas selama minimal 2 jam agar bumbu meresap sempurna dan rasa buah semakin segar.

Sajikan

Setelah didiamkan, asinan buah siap untuk disajikan. Anda bisa menambahkan es batu saat penyajian untuk sensasi yang lebih segar. Sajikan dalam mangkuk dan nikmati kesegaran asinan buah yang pedas, asam, dan manis.

Kategori :