Resep Bolu Pandan Kukus Manis, Cocok Jadi Cemilan Sambil Ngopi

Senin 23-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Sejumput garam

Cara Membuat:

BACA JUGA:Cara Membuat Stik Renyah Rasa Keju yang Gurih dan Praktis

BACA JUGA:Resep Mie Setan untuk Jualan, Patut Dicoba Oleh Pecinta Makanan Pedas

Siapkan Loyang dan Kukusan: Olesi loyang dengan sedikit minyak atau margarin dan lapisi dengan kertas roti agar bolu tidak lengket. Panaskan kukusan dengan api sedang, dan pastikan tutup kukusan dibalut serbet bersih agar uap air tidak menetes ke adonan.

Kocok Telur dan Gula: Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan berjejak (kurang lebih 10 menit).


bolu pandan kukus--

Tambahkan Bahan Kering: Campurkan tepung terigu dan baking powder, lalu ayak. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur sambil diaduk perlahan menggunakan spatula hingga rata.

Tambahkan Santan dan Minyak: Tuang santan, minyak sayur, dan pasta pandan ke dalam adonan, aduk balik hingga tercampur rata. Pastikan adonan tercampur sempurna agar hasil bolu tidak bantat.

BACA JUGA:Begini Cara Tepat Bikin Asinan Buah, Dijamin Seger dan Ketagihan

BACA JUGA:Resep Buat Kentang Goreng Agar Renyah Garing Sempurna, Begini Caranya!

Tuang ke Loyang dan Kukus: Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, ratakan permukaannya. Kukus selama 30-35 menit atau hingga bolu matang sempurna (cek kematangan dengan tusuk gigi, pastikan tidak ada adonan yang menempel).

Dinginkan dan Sajikan: Angkat bolu dari kukusan, biarkan dingin sejenak sebelum dikeluarkan dari loyang. Potong-potong sesuai selera dan sajikan.

Tips Tambahan:

Pastikan kukusan sudah benar-benar panas sebelum adonan dimasukkan agar bolu mengembang sempurna.

Jangan membuka tutup kukusan selama proses pengukusan agar bolu tidak kempis.

Kategori :