Fenomena Langka: Komet A3 Muncul Pertama Kalinya dalam 80 Ribu Tahun

Rabu 25-09-2024,10:50 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDFenomena langit selalu menarik perhatian para ilmuwan dan pengamat bintang. 

Salah satu peristiwa langka yang akan terjadi dalam waktu dekat adalah munculnya Komet Nishimura (C/2023 A3), komet yang pertama kali akan terlihat setelah 80 ribu tahun mengelilingi tata surya. 

Fenomena ini begitu istimewa, karena komet tersebut terakhir kali melintasi bumi di masa manusia purba, jauh sebelum peradaban modern. 

Komet ini diperkirakan akan menjadi salah satu pemandangan langit yang menakjubkan dan bersejarah dalam beberapa bulan mendatang.

Apa Itu Komet A3?

BACA JUGA:11 Manfaat Sering Membaca Buku, Salah Satunya Bisa Mengurangi Stres

BACA JUGA:8 Kampus Negeri yang Lulusannya Paling Banyak Jadi PNS

Melansir dari laman SpaceNews, Rabu (25/9) Komet A3, atau dikenal juga dengan nama C/2023 A3 (Tsuchinshan-ATLAS), adalah komet yang ditemukan pada awal 2023 oleh dua pengamatan independen, yakni Tsuchinshan Observatory di China dan proyek Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) di Hawaii. 

Berdasarkan observasi, komet ini memiliki orbit yang sangat elips, artinya ia menghabiskan waktu ribuan tahun untuk melakukan satu kali perjalanan mengelilingi matahari. 

Dalam hal ini, Komet A3 membutuhkan waktu sekitar 80 ribu tahun untuk kembali ke posisi dekat bumi, yang artinya kita adalah generasi pertama yang bisa menyaksikan kemunculannya.

Komet ini terdiri dari es, debu, dan material bebatuan yang biasanya berasal dari wilayah paling jauh dalam tata surya kita, yakni Awan Oort, sebuah zona di luar orbit planet-planet di tata surya.

BACA JUGA:Cara Melatih Anak Berbicara Bahasa Inggris: Gunakan Metode Ini

BACA JUGA:Berikut 10 Gelar S1 dan S2 yang Paling Banyak Dicari di Masa Depan

Ketika mendekati matahari, es pada komet tersebut mulai menguap, membentuk ekor bercahaya yang sangat indah dan terlihat dari bumi. Inilah yang membuat penampakan komet begitu menarik, karena ekornya sering kali memanjang dan memancarkan cahaya yang spektakuler di langit malam.

Kapan dan Bagaimana Melihat Komet A3?

Kategori :