Apa Bedanya Sunblock dan Sunscreen? Ketahui dan Cara Penggunaannya di Sini!

Jumat 04-10-2024,12:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDBagi banyak orang, istilah sunblock dan sunscreen sering dianggap sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar dalam fungsi dan cara kerjanya. 

Kedua produk ini berperan penting dalam melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV), tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui agar dapat memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan. 

Mari kita bahas perbedaan antara sunblock dan sunscreen, serta cara penggunaannya, dilansir dari laman Alodokter, Jumat 4 Oktober 2024!


ilustrasi memakai sunscreen--freepik

BACA JUGA:4 Trik Naikkan Value Diri dengan Mudah, Dijamin Mantan Bakal Menyesal

BACA JUGA:4 Pilihan Jam Tangan Pria Berkualitas Tinggi, Jadi Alternatif sebagai Hadiah

1. Fungsi dan Cara Kerja

Sunblock bekerja dengan cara memantulkan sinar UV agar tidak langsung mengenai kulit. Bahan aktif dalam sunblock, seperti zinc oxide atau titanium dioxide, berfungsi sebagai pelindung fisik. 

Sunblock menciptakan lapisan di atas permukaan kulit untuk menghalangi sinar UV, sehingga tidak menembus lapisan kulit. 

Oleh karena itu, sunblock sering kali memiliki tekstur yang lebih tebal dan tampak putih ketika diaplikasikan pada kulit.

BACA JUGA:7 Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Berjerawat, Totalitas Demi Penampilan

BACA JUGA:Kapan Waktu Tepat Pemakaian Sunscreen? dan Berapa Kali dalam Sehari? Cek di Sini!

Di sisi lain, sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV sebelum sinar tersebut menembus kulit. Sunscreen mengandung bahan kimia seperti avobenzone atau oxybenzone yang menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi energi panas yang kemudian dilepaskan dari kulit. 

Sunscreen biasanya lebih ringan dan transparan saat dioleskan ke kulit, sehingga lebih mudah menyerap dan tidak meninggalkan bekas.

2. Jenis Sinar UV yang Dilindungi

Kategori :