Resep Lemet Ubi Gula Merah yang Enak dan Mudah Dibuat

Senin 07-10-2024,08:43 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani


lemet ubi gula merah--ResepKoki

BACA JUGA:5 Tips Membuat Kuah Wedang Ronde yang Manis dan Menghangatkan

BACA JUGA:Begini Cara Masak Gulai Daging Sapi yang Cepat tapi Tetap Empuk dan Lezat

Siapkan Bahan: Campurkan ubi parut, kelapa parut, gula merah serut, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Siapkan Daun Pisang: Cuci bersih daun pisang, lalu potong-potong sesuai ukuran yang dibutuhkan untuk membungkus adonan. Agar daun pisang lebih lentur dan tidak mudah sobek saat digunakan, layukan sebentar di atas api atau kukus selama 5 menit.

Bungkus Adonan: Ambil satu sendok makan adonan ubi, letakkan di tengah daun pisang, lalu gulung dengan rapi. Lipat kedua ujungnya dan sematkan dengan tusuk lidi atau staples. Ulangi hingga semua adonan habis.

Kukus Lemet: Panaskan kukusan. Letakkan lemet-lemet yang sudah dibungkus di dalam kukusan, tambahkan daun pandan agar aromanya lebih harum. Kukus selama 30-40 menit atau hingga lemet matang sempurna.

BACA JUGA:Resep Sambal Telur Asin yang Lezat dan Mudah Dibuat

BACA JUGA:Tips Memasak Sayur Pucuk Daun Ubi agar Tetap Hijau Segar

Sajikan: Angkat lemet dari kukusan, biarkan sedikit dingin sebelum disajikan. Lemet ubi gula merah siap disantap sebagai camilan atau pendamping minum teh.

Tips:

Gunakan ubi jalar yang manis agar lemet lebih lezat.

Anda bisa menambahkan sedikit vanili atau kayu manis bubuk jika ingin variasi rasa yang lebih kompleks.

Lemet ubi gula merah ini adalah pilihan camilan sehat karena menggunakan bahan alami tanpa pengawet. Selain itu, proses pembuatannya yang sederhana menjadikan resep ini cocok dicoba oleh siapa saja yang ingin bernostalgia dengan jajanan tradisional Indonesia.

BACA JUGA:Resep Siomay Ayam yang Empuk dan Gurih untuk Lauk atau Camilan

BACA JUGA:Resep Semur Ayam Betawi yang Gurih Manis untuk Lauk Nasi Uduk

Kategori :