13. Bagaimana peran lingkungan masyarakat mendukung pendidikan karakter siswa?
Jawaban:
Melalui kegiatan gotong royong, lomba kebersihan lingkungan, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan sosial warga, anak belajar nilai tanggung jawab dan kepedulian.
14. Sebutkan contoh nyata penguatan budi pekerti di sekolah Anda!
Jawaban:
Kami memiliki program “Pagi Berkarakter”, di mana siswa membaca doa, menyanyikan lagu nasional, dan berbagi cerita nilai moral setiap hari Senin.
15. Apa tantangan yang Anda hadapi dalam menyelaraskan Tri Sentra Pendidikan?
Jawaban:
Kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua menjadi kendala utama. Namun, saya mengatasinya dengan pendekatan personal dan membangun kepercayaan.
16. Bagaimana Anda menanamkan nilai Pancasila di pembelajaran?
Jawaban:
Saya mengaitkan materi pelajaran dengan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong dalam pelajaran IPS atau kejujuran dalam Matematika.