Apa Saja Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan? Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Senin 08-01-2024,10:45 WIB
Reporter : Reza Kurniawan
Editor : Ayu Fitriani

Kumis kucing telah terbukti efektif untuk membersihkan saluran kemih, membantu melawan infeksi, dan cocok untuk penderita ISK. Air rebusan daun kumis kucing mampu menjadi penyelamat bagi mereka yang sering mengalami gangguan saluran kemih.

BACA JUGA:Berikut Ini 5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mengatasi Gangguan Ginjal

Terkenal sebagai tanaman ginjal, kumis kucing mampu membantu mengatasi gangguan ginjal, bahkan diklaim dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm. Bahan aktif seperti orthosiphonin dan garam kalium dalam kumis kucing sangat berperan penting dalam menjaga keseimbangan asam urat dan mencegah pembentukan batu ginjal.

6. Mengatasi Rematik

Bagi penderita rematik, kumis kucing dapat menjadi obat alami. Dengan cara pengolahan sederhana, Anda bisa merasakan efek antiinflamasi dan peredaan nyeri pada sendi.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalium, fosfat, dan oksalat dalam kumis kucing dapat berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Ini penting untuk pencegahan osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang yang baik.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Dampak Minum Kopi Setiap Hari untuk Kesehatan

8. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Bagi kaum wanita, kumis kucing bisa memberikan bantuan dalam mengurangi nyeri menstruasi. Sifat antiinflamasi dan kemampuannya untuk merelaksasi otot dapat memberikan kenyamanan selama periode menstruasi.

9. Mengurangi Gatal karena Alergi

Jika Anda mengalami gatal-gatal akibat alergi, kumis kucing bisa menjadi solusi alami. Campuran herbal dari kumis kucing, meniran, dan sambiloto mampu membantu mengurangi reaksi alergi yang menyebabkan gatal.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kumis kucing tak hanya bermanfaat bagi ginjal dan saluran kemih, tetapi juga mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan dan zat anti peradangan dalam kumis kucing juga dapat memberikan dukungan bagi kesehatan jantung.

BACA JUGA:5 Makanan Ini Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan Kulit, Banyak Orang Belum Tahu, Yuk Simak!

Kategori :