Tak Perlu Khawatir, Inilah 5 Cara Memasak Ceker yang Menjamin Lembut dan Tidak Keras

Kamis 18-01-2024,20:30 WIB
Reporter : Shela
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDKaki merupakan salah satu bagian ayam yang mempunyai rasa yang enak dan menarik. Oleh karena itu, ceker ayam sering digunakan untuk menemani beberapa masakan sederhana seperti sup, tumisan dan masakan sejenisnya. 

Tulang kaki ayam tergolong keras sehingga perlu usaha lebih untuk melunakkan bagian tersebut. Untuk menikmatinya dengan mudah, Anda bisa menerapkan tips membuat ceker ayam cepat empuk berikut ini. Sangat lembut sampai ke tulang!

1. Gunakan presto

Cara pertama adalah dengan memasak kuku di dalam panci bertekanan tinggi. Panci ini didesain untuk memasak bahan dengan tekanan tinggi, efektif memasak banyak bahan sehingga cepat melunak dalam waktu singkat. 

BACA JUGA:Mudah dan Praktis! Ikuti Langkah Mudah Membuat Crepes Menggunakan Teflon di Rumah

Tak hanya dagingnya yang tebal, cakarnya juga bisa dilunakkan. Menggunakan alat pemasak kuku akan melembutkan kuku Anda dengan cepat. Cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan masakan sehari-hari, apalagi saat ingin menikmati ceker sebagai lauk.

2. Masak dengan metode slow cooking

Slow cooking merupakan teknik memasak dengan suhu rendah yang dilakukan dalam jangka waktu cukup lama. Cara ini tak kalah efektifnya dalam melunakkan bahan yang tebal atau keras. Salah satunya adalah membuat cakarnya menjadi lebih lembut. Cara ini cocok bagi Anda yang memiliki banyak waktu untuk memasak.

Ada dua cara menggunakan teknik memasak lambat. Pertama, masak dalam oven dengan suhu yang sangat rendah. Yang kedua menggunakan alat memasak lambat khusus yang disebut slow cooker.

BACA JUGA:Mengenal Lupis, Lezatnya Jajanan Tradisional yang Tak Boleh Dilewatkan

3. Rebus beberapa saat

Kemudian gunakan cara merebus seperti biasa. Cara ini merupakan cara tradisional yang sangat populer dan sederhana karena Anda tidak perlu menambahkan apapun atau menerapkan teknik berbeda untuk mendapatkan cakar yang lembut. 

Ceker yang sudah dibersihkan bisa direbus sebentar hingga menyusut. Lakukan tes sederhana dengan menusuk bagian paha untuk melihat apakah daging paha sudah  empuk  atau belum. Jika belum cukup tambahkan air lalu masak kembali hingga tekstur yang diinginkan.

4. Gunakan metode rebus-diamkan-rebus

BACA JUGA:Mengenal Makanan Gudeg, Salah Satu Kuliner yang Terkenal di Kota Yogyakarta

Kategori :