Mengenal Tari Barong Bali ; Sejarah, Makna, Jenis dan Kostum

Selasa 23-01-2024,21:30 WIB
Reporter : Reza Aditya
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.ID – Tari Barong merupakan suatu adat budaya yang diperkenalkan oleh masyarakat Bali berupa tarian yang banyak dikenal di seluruh Indonesia.

Namun, tari barong bukan hanya sekedar sebuah pertunjukan juga ada makna unsur-unsur kepercayaan di dalamnya. 

Tari Barong tersebut  menceritakan tentang mitologis gambaran binatang beruang yang memiliki kekuatan gaib yang dianggap dapat melindungi manusia.

Sedangkan Tari Barong bagi masyarakat Bali adalah salah satu tarian yang cukup terkenal, tarian yang berasal dari Bali tersebut. 

BACA JUGA:Hobi Berbisnis, Kenali 6 Hobimu yang Bisa Menghasilkan Uang!

Sejarah 

Tari Barong merupakan suatu peninggalan adat kebudayaan pra-Hindu yang melambangkan pertempuran antara kebaikan (dharma) dan keburukan (adharma). 

Dalam drama tarinya, kalian akan menyaksikan cerita Barong yang berusaha melenyapkan sihir Rangda, sebab makhluk tersebut sedang berusaha menguasai dunia lewat ilmu hitamnya. 

Lalu, para pria akan bertarung satu sama lain menggunakan kris belati, namun pada saat Barong muncul kris tersebut tiba-tiba berubah arah dan akan menusuk diri mereka sendiri.

Menurut keyakinan adat masyarakat Bali, khususnya yang beragama Hindu, kebaikan dan keburukan selalu bersamaan atau disebut juga sebagai Rwa Bhineda. 

BACA JUGA:Inter Milan Menangkan Piala Super Italia Setelah Kemenangan Dramatis

Sedangkan Kata Barong yang berasal dari kata bahruang yang berarti beruang.

Namun, menurut sebagian orang juga berpendapat bahwa kata Barong itu berasal dari Jawa Kuno. 

Selain itu, kedudukan Barong sebagai binatang mithos, perlukisan atau perwujudan sekor binatang ajaib, binatang suci, suatu penciptaan dari nilai-nilai religious.

Makna Tarian 

Kategori :