Inilah 6 Penyebab Kulit Kendur dan Cara Mengobatinya

Sabtu 02-03-2024,09:23 WIB
Reporter : Risma
Editor : Ayu Fitriani

Semakin cepat seseorang kehilangan volume kulit, maka semakin sedikit waktu yang dibutuhkan kulit untuk beregenerasi, sehingga kulit membutuhkan bantuan untuk kembali ke keadaan semula, seperti misalnya pada saat pengobatan.

4. Merokok

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, dampak buruk merokok juga dapat mempengaruhi elastisitas kulit. Seperti halnya paparan sinar matahari, merokok juga dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini dipicu oleh kandungan nikotin dalam rokok yang dapat menyempitkan pembuluh darah di lapisan luar kulit.

Kondisi ini mengganggu sirkulasi darah di kulit dan mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit. Tanpa nutrisi alami dan oksigen yang memadai, sel-sel kulit dapat mati lebih cepat, sehingga menyebabkan berkurangnya produksi kolagen dan elastin.

BACA JUGA:Benarkah Makan Malam Bikin Gemuk? Ketahui Faktanya!

5. Kehamilan

Ruam kulit sering terjadi pada ibu hamil yang baru saja melahirkan. Risiko ini lebih tinggi pada wanita yang mempunyai anak kembar. Pasalnya, kulit di sekitar perut lebih kendur dibandingkan wanita yang mengandung satu anak. Selain itu, usia kehamilan ibu juga mempengaruhi.

6. Sindrom Ehlers-Danlos

Kondisi tertentu seperti sindrom Ehlers-Danlos (EDS) juga dapat menyebabkan kulit melemah. EDS adalah kelainan jaringan ikat bawaan yang langka. Kondisi ini mengganggu produksi kolagen sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur dan pucat, sering terjadi pada wajah.

BACA JUGA:7 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Cara Mengobati Kulit Kendur

Tentu saja, jika disebabkan oleh proses penuaan alami, kulit kendur merupakan hal yang biasa terjadi. sulit untuk dikalahkan Namun secara umum, ada beberapa cara mengatasi kulit kendur dan mengencangkan kulit wajah. Berikut penjelasannya masing-masing.

1. Perubahan Gaya Hidup

Salah satu cara mengatasi kulit kendur adalah dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Seperti yang telah dijelaskan, salah satu penyebab melemahnya kulit wajah adalah kebiasaan merokok, maka dari itu cobalah untuk berhenti merokok.

BACA JUGA:9 Manfaat Timun untuk Wajah, Bikin Lembab dan Segar!

Selain itu, olahraga teratur juga dapat memperkuat kulit dengan meningkatkan massa otot. Olahraga yang membantu mengencangkan kulit adalah latihan kekuatan otot, seperti angkat beban.

Kategori :