Dinkes Lubuklinggau Gelar Gebyar Lomba Balita Sehat

Selasa 14-06-2022,13:36 WIB
Reporter : admin
Editor : admin

Lubuklinggau - Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau kembali menggelar  gebyar lomba balita sehat. Lomba ini diadakan untuk mencegah dan mendeteksi stunting sejak dini dan pemenang lomba balita sehat ini akan dikirimkan ke tingkat provinsi.

Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau menggelar gebyar lomba balita Indonesia ditingkat puskesmas Sekota Lubuklinggau yang diikuti oleh seluruh puskesmas dengan sebanyak 20 balita, per puskesmas Sekota Lubuklinggau  dengan berbagai golongan ukuran umur balita.

Gebyar lomba  balita sehat ini mengusung tema "balita sehat,  bebas stunting dan covid-19", dengan dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau , Hj Yetty Oktarina  Prana.  Kadis  Kesehatan Kota Lubuklinggau, perwakilan dari tiap puskesmas Sekota Lubuklinggau, serta tamu undangan lainnya.

Acara yang diawali dengan tarian persembahan, dari anak-anak, seperti tari sambut dan tari silampari. guna untuk menyambut ketua TPPKK Kota Lubuklinggau. Kemudian ada kegiatan mendongeng yang langsung dibacakan oleh ibu TPPK  dan didengarkan secara seksama  oleh para peserta oleh balita sehat, serta para tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi mengatakan, setelah 2 tahun , akibat pandemi covid-19.  Akhirnya kegiatan lomba balita sehat ini, dapat dilaksankan kembali. Tujuan diadakannya lomba ini, yakni untuk melihat kondisi balita Kota Lubuklinggau, dan sebagai bentuk memotivasi ibu balita dalam meningkatkan status gizi balita. Serta memotivasi kader posyandu agar mengetahui keadaan gizi balita, serta mendorong untuk tumbuh kembangnya balita di Kota Lubuklinggau.

sementara itu, Ketua TPPKK Kota Lubuklinggau   Hj Yetty Oktarina  Prana, mengatakan. Kegiatan kegiatan seperti ini tentu sangat bagus, guna untuk mencegah terjadinya stunting sejak dini. Terlebih jika dicegah dari awal yakni pra nikah dengan cara memberikan penyuluhan pra nikah, agar calon pengantin nantinya memahami setelah diberikan edukasi guna untuk mengurangi angka stunting, di Kota Lubuklinggau nantinya.

Dan untuk balita, yang menjadi pemenang dari lomba balita sehat ini, akan mendapatkan beberapa hadiah,baik dari pemkot, serta dari dinas terkait dan sponsor sponsor yang mendukung gebyar lomba balita sehat ini dan bagi pemenang lomba balita sehat ini nantinya akan dikirimkan ke tingkat provinsi.

Selain itu penilaian terhadap balita lomba sehat ini telah dimulai sejak 7 juni 2022.  (melda)

Tags :
Kategori :

Terkait