Menu Buka Puasa untuk Lansia: Menguak Rahasia Sehat dan Bergizi Plus Tips Berpuasa Aman!

Senin 25-03-2024,09:15 WIB
Reporter : Valentino Fernan
Editor : Ihsan Alvindra

BACA JUGA:12 Rekomendasi Buah yang Baik Dikonsumsi Untuk Merawat Kulit

9 Tips Berpuasa Aman dan Sehat Bagi Lansia

Selain memilih menu buka puasa yang tepat, lansia juga perlu memperhatikan beberapa tips berpuasa agar tetap aman dan sehat selama bulan Ramadan. Berikut adalah sembilan tips berpuasa yang penting bagi lansia:

1. Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum memulai puasa, lansia disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mereka untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi kesehatan yang baik untuk berpuasa.

2. Atur Jadwal Makan

Bagi lansia, penting untuk membagi waktu makan menjadi beberapa kali kecil selama periode berbuka dan sahur, daripada satu makan besar. Ini membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

BACA JUGA:Suka Makanan Manis Tetapi Punya Diabetes? Inilah 7 Tipsnya

3. Hindari Makanan Berlemak dan Berat

Makanan berlemak dan berat dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan membuat perasaan kenyang lebih lama. Hindarilah makanan-makanan ini saat berbuka puasa.

4. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat membantu menjaga pencernaan tetap sehat dan mengontrol kadar gula darah. Pastikan untuk mengonsumsi cukup buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang kaya serat.

BACA JUGA:Sebaiknya Anda Tau, 3 Perpaduan Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

5. Istirahat yang Cukup

Pastikan lansia mendapatkan istirahat yang cukup antara sahur dan berbuka puasa. Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan energi dan meningkatkan risiko dehidrasi.

Kategori :