Pencurian Uang dengan Modus Ganjal Kartu ATM Kembali, Simak Tips Untuk Menghindari Modus Tersebut!

Kamis 18-04-2024,17:00 WIB
Reporter : Reza Kurniawan
Editor : Ihsan Alvindra

SILAMPARITV.CO.ID - Pencurian uang dengan modus ganjal kartu ATM kembali menjadi sorotan di Indonesia, kali ini terjadi di Kudus, Jawa Tengah.

Polres Kudus mengungkapkan bahwa seorang warga dengan inisial DB menjadi korban pada 2 Maret 2024 saat mengambil uang di BRI. Ketika mengalami kesulitan mentransfer uang, seorang pelaku bermodus membantu muncul dan meminta korban menarik sejumlah uang, kemudian membantu mentransfer uangnya.

Namun, ternyata itu adalah alibi komplotan pelaku pengganjal kartu ATM untuk memperoleh PIN ATM korban. Wakapolres Kudus Kompol Satya Adi Nugraha menyatakan bahwa korban mengalami kerugian mencapai Rp 993 juta akibat aksi pencurian tersebut, yang juga membuat mesin ATM rusak.

Untungnya, Polres Kudus berhasil menangkap salah satu dari empat pelaku pengganjal kartu ATM, berinisial SE, di rumahnya di Sumatera Selatan. Dalam menghadapi ancaman pencurian dengan modus ganjal kartu ATM.

BACA JUGA:Polda Metro Jaya Berhasil Menangkap Pengemudi Fortuner: Kisah Pemalsuan Pelat Dinas TNI dan Cekcok di Jalan To

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghindari kejadian serupa:

1. Pastikan lokasi ATM aman. Curigailah jika ada orang yang mengintai di sekitar ATM, dan hindari menghubungi nomor telepon yang tertera di tempelan kertas di ATM. Hanya hubungi nomor resmi pihak bank.

2. Perhatikan lubang kartu ATM. Pastikan lubang kartu ATM tidak ada benda yang mengganjal sebelum memasukkan kartu. Jika kartu terlanjur tersangkut, batalkan transaksi dan hubungi pihak bank.

3. Lindungi nomor PIN ATM. Saat memasukkan PIN ATM, pastikan tidak ada yang bisa melihat posisi tombol atau nomor PIN Anda, baik dari kamera CCTV maupun orang lain di sekitar ATM. Jangan berikan nomor PIN kepada orang tak dikenal.

BACA JUGA:Sempat Baku Tembak Dengan Petugas, Otak Pelaku Komplotan Curas Tewas Ditembak

4. Cari lokasi ATM yang ramai. Hindari mengambil uang di ATM yang sepi, dan pilihlah mesin ATM yang berada di lokasi yang ramai atau di dekat kantor cabang bank yang dilindungi petugas dan kamera CCTV.

5. Pertimbangkan metode lain. Selain menggunakan kartu ATM, pertimbangkan juga untuk melakukan transaksi tanpa kartu atau cardless. Hindari juga mempercayai pesan atau panggilan yang meminta Anda melakukan transfer ATM sebagai biaya administrasi atau hadiah. 

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengurangi risiko menjadi korban pencurian uang dengan modus ganjal kartu ATM.

BACA JUGA:Kesedihan yang Tak Terbendung, Inilah Ungkapan Hati Ibu Korban Tragedi Rekontruksi di OKU Timur

Kategori :