Risiko Efek Samping Yang Perlu Diwaspadai Setelah Tattoo Removal

Sabtu 20-04-2024,13:37 WIB
Reporter : Aan Afriandi
Editor : Aan Afriandi

Namun, prosedur penghilangan tato tertentu mungkin dapat menimbulkan rasa sakit, misalnya surgical excision. Itulah sebabnya mengapa prosedur penghapusan tato tersebut membutuhkan anestesi.

BACA JUGA:Redmi Note 13 Series Hadir Varian dan Warna Baru, Intip Harganya Disini!

Efektivitas Tattoo Removal

Efektivitas proses penghapusan tato pada masing-masing orang bisa berbeda. Pada beberapa orang, prosedur ini mungkin tidak dapat menghilangkan tato sepenuhnya. 

Di sisi lain, prosedur ini mungkin dapat membantu menghapus tato sepenuhnya pada sebagian orang.

Penghapusan tato yang tidak berhasil 100% bisa disebabkan beberapa hal, seperti warna tinta tertentu yang lebih sulit menghilang atau pigmen yang berada terlalu dalam sehingga tidak dapat dijangkau oleh laser.

BACA JUGA:Tersangkut Ditumpukan Kayu, Kakek Tain Berhasil Ditemukan Warga, Pihak Keluarga Minta Didoakan

Beberapa warna tinta yang cenderung lebih mudah dihilangkan, misalnya biru dan hitam. 

Kedua warna tersebut diketahui lebih baik dalam menyerap cahaya, sehingga bisa merespons terapi laser dengan lebih optimal.

Perawatan Setelah Menjalani Tattoo Removal

Setelah menjalani prosedur penghapusan tato, dokter akan memberikan anjuran mengenai langkah perawatan yang tepat sesuai dengan prosedur yang dijalani. 

BACA JUGA:Ini Penegasan Dari Guru Besar Farmasi UGM Tentang Obat Sakit Kepala Picu Anemia Aplastik

Biasanya, pasien disarankan untuk meletakkan kompres dingin di atas bagian kulit yang ditato (jika melakukan laser), mengoleskan antibiotik topikal ke kulit, serta menggunakan perban untuk menutup luka jika diperlukan.

Selama beberapa hari setelah penghapusan tato, sebaiknya pasien tidak menggosok area penghapusan tato, menghindari area luka dari air, 

selalu menggunakan tabir surya saat berada di luar (jika menjalani laser), serta tidak mengorek bekas luka untuk menghindari timbulnya jaringan parut (keloid). 

Pasien juga perlu menjaga imun tubuh agar proses penyembuhan luka dapat berlangsung lebih cepat.

Kategori :