Mulai 1 Juni 2024 Pembuatan SIM Ada Aturan Baru, Simak di Sini!

Mulai 1 Juni 2024 Pembuatan SIM Ada Aturan Baru, Simak di Sini!

ilustrasi pembuatan SIM dengan aturan baru mulai 1 Juni 2024--

SILAMPARITV.CO.IDSurat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen resmi yang memperbolehkan seseorang mengemudikan kendaraan di jalan raya.

Surat Izin Mengemudi dikeluarkan oleh otoritas yang ditunjuk secara resmi dan wajib bagi siapa pun yang menggunakan kendaraan bermotor di jalan umum. 

Berbeda dengan di Indonesia yang penerbitan kartu SIMnya dilakukan oleh pihak kepolisian, di India pembuatan dokumennya dilakukan oleh Dinas Perhubungan (RTO) masing-masing kabupaten di Tanah Air. Namun pelamar SIM bisa mengikuti tes teori dan praktik.

Namun seperti dikutip VIVA Otomotif Motorbeam, dinilai kurang efektif sehingga pemerintah negara bagian Hindustan berencana mengubahnya.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mendaftar Kartu BPJS Kesehatan? Beriku Syarat dan Prosedurnya!

Kementerian Transportasi Jalan Raya India telah memperkenalkan aturan baru yang memungkinkan kandidat mengikuti tes mengemudi di lembaga pelatihan mengemudi swasta terakreditasi mulai 1 Juni 2024. 

Perubahan ini merupakan langkah positif menuju peningkatan proses perizinan mengemudi di negara tersebut.

Dengan bantuan LPM swasta diharapkan beban kerja kantor RTO dapat berkurang dan memudahkan bagi yang ingin mengikuti tes mengemudi.

Pemohon SIM kini dapat mendaftar secara online melalui website Parivahan. Biaya pendaftaran tergantung pada jenis kartu SIM yang digunakan.

BACA JUGA:Caleg PKS Dikabarkan Pakai Uang Narkoba, Ini Pengakuannya!

Tes mengemudi dilakukan di LPM swasta yang terakreditasi. LPM swasta yang berwenang menerbitkan sertifikat kepada calon yang telah lulus tes mengemudi.

Namun, calon tetap harus mengunjungi kantor RTO untuk menyerahkan dokumen yang diperlukan dan membuktikan keterampilan mengemudinya.

Untuk mempermudah prosesnya, pemerintah telah mengurangi jumlah dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan SIM baru.

LPM Swasta yang ingin mengikuti program ini harus memenuhi persyaratan tertentu.

Sumber: