UMKM Sumsel Naik Kelas Mampu Bersaing di Pasar Internasional

UMKM Sumsel Naik Kelas Mampu Bersaing di Pasar Internasional

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni terus mendorong pertumbuhan sektor ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga mampu bersaing di pasar internasional. --

SILAMPARITV.CO.ID -- Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni terus mendorong pertumbuhan sektor ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga mampu bersaing di pasar internasional. 

Hal ini diungkapkan dalam kegiatan Puncak Penghargaan UMKM Palembang Awards 2024 di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (1/6/2024).

“Sudah menjadi tugas Pemerintah, BUMN/BUMD, instansi vertikal untuk membina seluruh pelaku usaha agar bisa berkembang dan bersaing bukan hanya di tingkat daerah tapi di tingkat nasional bahkan internasional," ucap Fatoni.

Fatoni juga mengapresiasi upaya Pemerintah Kota (Pemkor) Palembang yang secara konsisten dan berkelanjutan mendukung kemajuan UMKM di Kota Palembang.

BACA JUGA:Ajak Masyarakat Perkuat Keimanan dan Kerukunan Antar Umat Beragama

"Tadi Pak Walikota menyampaikan ke saya, ada 87 ribu lebih UMKM yang potensinya sangat luar biasa,” kata Fatoni.

Menurutnya, UMKM di Sumsel sangat kreatif, produk yang dihasilkan juga bagus. 

Namun sebagian masih mempunyai keterbatasan untuk berkembang.  

"Maka tugas kita mengoptimalkan semua itu, baik dari segi inovasi, branding dan packaging. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Listrik di RSUD Rupit Saja, PLN juga Akan Lakukan Perbaikan Listrik di Kabupaten Muratara

Kepada seluruh pemenang saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih agar menjadi kebanggan Palembang dan Sumsel," ujar Fatoni. 

"Sponsor kita cukup banyak hari ini hadir dari BUMN/BUMD, ini siap untuk menjadi sponsor bagi orang tua asuh, menjadi pembina pengembangan UMKM,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Fatoni juga menyampaikan belum lama ini Pemprov Sumsel melaunching Kopi Sumsel yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan dikenalkan seantero Nusantara.

“Sumsel merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia lebih dari 26 persen. 

Sumber: