Mana yang Paling Utama? Kurban Kambing Sendirian atau Kurban Sapi Patungan

Mana yang Paling Utama? Kurban Kambing Sendirian atau Kurban Sapi Patungan

Mana yang Paling Utama? Kurban Kambing Sendirian atau Kurban Sapi Patungan--

SILAMPARITV.CO.IDHari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tinggal beberapa minggu lagi. Pada hari ini, umat Muslim yang mampu akan melakukan ibadah kurban dan membagikan dagingnya kepada yang membutuhkan.

Menurut situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), ibadah kurban memiliki hukum sunnah muakad atau sunnah yang dikuatkan. Bagi umat Islam yang mampu, mengurbankan satu ekor sapi lebih diutamakan dibandingkan satu ekor kambing.

Namun, beberapa orang memilih berkurban secara kolektif jika memiliki keterbatasan dana. Kurban kolektif ini harus mengikuti aturan yang ada. Lalu, mana yang lebih diutamakan: kurban sapi kolektif atau kambing individu?

Dikutip dari NU Online, umat Islam memiliki tiga pilihan hewan kurban: unta, sapi, dan kambing. Di Indonesia, sapi dan kambing umumnya digunakan untuk berkurban.

BACA JUGA:Komitmen Prabowo Siap Mengirimkan Pasukan Penjaga Perdamaian Ke Gaza

Ustadz M. Mubasysyarum Bih menjelaskan bahwa menurut para ulama, urutan keutamaan hewan kurban adalah: unta, sapi, kambing, domba, kambing kacang, unta kolektif, dan sapi kolektif. Urutan ini didasarkan pada kuantitas dan kualitas daging. Selain itu, kurban individu lebih diutamakan daripada kolektif.

"Berkurban dengan satu ekor kambing secara pribadi lebih baik daripada kurban unta atau sapi secara kolektif, meskipun kuantitas dagingnya lebih sedikit," kata Ustadz Mubasysyarum Bih, Sabtu (1/6/2024).

Dalam kitab al-Iqna' Hamisy Hasyiyah al-Bujairimi, Syekh Khathib al-Syarbini menyatakan bahwa keutamaan hewan kurban juga mempertimbangkan syiar.

"Lebih utamanya jenis-jenis kurban dalam hal syiar adalah unta, kemudian sapi karena daging unta lebih banyak, diikuti domba dan kambing kacang. Kurban kolektif dalam unta atau sapi juga diutamakan," jelas Syekh Khathib. "Namun, jika melihat kualitas daging, domba yang terbaik. Tujuh ekor kambing lebih utama dari satu ekor unta atau sapi. Satu ekor kambing lebih utama dari kurban unta atau sapi secara kolektif, sebab menyendiri dalam mengalirkan darah," tambahnya.

BACA JUGA:Per 1 Juni 2024: Shell Resmi Tutup 9 SPBU di Sumut

Dengan demikian, berkurban kambing individu lebih diutamakan daripada sapi kolektif. Meski begitu, kurban kolektif tetap diperbolehkan dengan syarat sapi maksimal atas tujuh nama, sedangkan kambing dan domba tidak boleh berpatungan.

Sumber: