Inilah Burung yang Memegang Rekor Penerbangan Tertinggi dalam Dunia Hewan

Inilah Burung yang Memegang Rekor Penerbangan Tertinggi dalam Dunia Hewan

burung ruppell--

SILAMPARITV.CO.IDAda banyak hal yang mengesankan tentang burung. Ada yang terbang berkilo-kilometer tanpa mengepakkan sayapnya, atau bahkan ada yang hidup lebih dari setengah abad.

Pernahkah Anda bertanya-tanya seberapa tinggi burung bisa terbang ketika Anda melihat seekor burung terbang di kejauhan?

Rekor penerbangan tertinggi dari semua burung adalah burung hering Rüppell (Gyps rueppellii).

BACA JUGA:Komitmen Prabowo Siap Mengirimkan Pasukan Penjaga Perdamaian Ke Gaza

Pada tahun 1973, seekor burung nasar Rüppell menabrak sebuah pesawat komersial di ketinggian 11.300 meter di atas Pantai Gading di Afrika Barat. Meski salah satu mesinnya rusak, pesawat berhasil mendarat.

Sayangnya burung itu tidak seberuntung itu. Hanya tersisa lima bulu lengkap dan 15 bulu sebagian, cukup untuk mengidentifikasi spesiesnya.

Burung ini berasal dari wilayah Sahel Afrika, yang membentang antara Sahara dan sabana Sudan.

Sebaran burung mencakup beberapa negara seperti Zimbabwe, Senegal dan Ethiopia. Dari waktu ke waktu mereka juga ditemukan di Mediterania Spanyol.

BACA JUGA:Beruang Madu Menyebabkan Kepanikan di Kelurahan Pagar Tengah

Sayangnya, burung nasar Rüppell diklasifikasikan sebagai sangat terancam punah dalam Daftar Merah IUCN.

Seperti banyak burung serupa di Afrika, mereka terancam oleh hilangnya habitat, perburuan, dan berkurangnya ketersediaan satu-satunya sumber makanan mereka, yaitu bangkai.

Keracunan juga merupakan masalah besar, khususnya di Afrika Timur. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh insektisida yang disebut karbofuran. Namun, badan amal BirdLife International juga menyoroti peran diklofenak.

Obat anti inflamasi ini dapat digunakan dalam pengobatan hewan, namun berakibat fatal bagi burung nasar Rüppell jika memakan bangkai hewan yang diberi obat tersebut.

BACA JUGA:Per 1 Juni 2024: Shell Resmi Tutup 9 SPBU di Sumut

Sumber: