Menarik, Bakal Ada 3 Fenomena Langit di Bulan Juni 2024, Apa Saja?

Menarik, Bakal Ada 3 Fenomena Langit di Bulan Juni 2024, Apa Saja?

ilustrasi fenomena langit bulan Juni--

SILAMPARITV.CO.IDBulan keenam tahun ini akan penuh dengan banyak fenomena yang menghiasi langit bulan Juni. 

Tak hanya menawarkan keindahan visual, fenomena langit ini juga mengajak kita untuk lebih memahami misteri langit yang tak terhingga.

Berikut tiga fenomena langit pada Juni 2024.

1. Titik balik Matahari 20 Juni

BACA JUGA:All Eyes on Papua Digemakan di Sosial Media, Apa yang Terjadi?

Titik balik matahari atau Ekuinoks adalah waktu dalam setahun ketika Matahari mencapai posisi paling utara atau paling selatan relatif terhadap ekuator langit. 

Fenomena ini terjadi pada 20 Juni. Ekuinoks adalah hari terpanjang dalam setahun di belahan bumi utara dan hari terpendek di belahan bumi selatan.

2. Bulan Purnama 22 Juni

Bulan Juni 2024 akan berakhir dengan terjadinya bulan purnama pada tanggal 22, yang mana pada saat itu permukaan Bulan akan terlihat sepenuhnya oleh pengamat di Bumi karena merupakan waktu yang tepat untuk mengamati Bulan. Anda bisa melihat kawah di bulan dengan teleskop.

BACA JUGA:Mana yang Paling Utama? Kurban Kambing Sendirian atau Kurban Sapi Patungan

3. Bulan Baru 6 Juni

Berdasarkan laman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), fase bulan baru akan terjadi pada 6 Juni. Ini adalah fenomena Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. 

Pada fase ini, Bulan tidak terkena sinar matahari sehingga langit tampak gelap gulita. Ini saat yang tepat untuk melakukan observasi.

Anda dapat menggunakan waktu ini untuk astrofotografi Deep Sky atau Bima Sakti. Dengan tidak adanya cahaya bulan, Anda memiliki peluang lebih besar untuk melihat planet-planet dengan lebih jelas.

Sumber: