Asal Mula dan Pengertian Kurban pada Idul Adha

Asal Mula dan Pengertian Kurban pada Idul Adha

Asal Mula dan Pengertian Kurban pada Idul Adha--

SILAMPARITV.CO.IDIdul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu hari raya besar dalam Islam yang dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah.

Idul Adha menjadi momen penting bagi umat Muslim untuk memperingati kisah pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS, serta melaksanakan ibadah kurban sebagai bentuk ketaatan dan rasa syukur kepada Allah SWT.

Berikut adalah penjelasan mengenai asal mula dan pengertian kurban pada Idul Adha.

Asal Mula Kurban

BACA JUGA:Ini Kekurangan dan Kelebihan Kanopi Kaca, Wajib Tahu Sebelum Pasang

Asal mula kurban pada Idul Adha berkaitan erat dengan kisah Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS, yang terdapat dalam Al-Quran dan hadis. Kisah ini menggambarkan pengorbanan besar dan ketakwaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT.

1. Kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

o Nabi Ibrahim AS menerima wahyu melalui mimpi yang memerintahkannya untuk menyembelih putra tercintanya, Nabi Ismail AS.

Meskipun berat, Nabi Ibrahim AS memutuskan untuk mematuhi perintah Allah SWT. Nabi Ismail AS pun dengan ikhlas menerima keputusan ayahnya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Antisipasi Banjir, Sampah Kali Pesanggrahan Dibersihkan Rutin

o Saat Nabi Ibrahim AS hendak menyembelih Nabi Ismail AS, Allah SWT menggantikan Nabi Ismail AS dengan seekor domba.

Peristiwa ini menunjukkan kesetiaan dan kepatuhan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS terhadap perintah Allah SWT. Peristiwa ini kemudian menjadi dasar bagi pelaksanaan kurban pada Idul Adha.

2. Perintah dalam Al-Quran

o Dalam Al-Quran, kisah pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS diabadikan dalam Surah Ash-Shaffat ayat 102-107. Allah SWT berfirman:

Sumber: