5 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

5 Negara yang Mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

--

SILAMPARITV.CO.ID - Indonesia, dengan kekayaan budayanya yang melimpah serta bahasa yang unik, telah menarik minat banyak negara di seluruh dunia. 

Berikut adalah lima negara yang aktif mempelajari budaya dan bahasa Indonesia:

1. Australia

Australia memiliki hubungan yang erat dengan Indonesia, baik dari segi geografis maupun ekonomi. 

Banyak universitas di Australia yang menawarkan program studi bahasa dan budaya Indonesia, seperti Universitas Melbourne dan Universitas Nasional Australia.

 Selain itu, program pertukaran pelajar dan kunjungan budaya antara kedua negara sangat sering diadakan untuk memperkuat pemahaman antarbudaya.

2. Jepang

BACA JUGA:Anti Foya-Foya ala Warren Buffett Agar Tetap Kaya, Mudah Ditiru

Jepang adalah salah satu negara Asia yang menunjukkan minat besar terhadap Indonesia. Banyak institusi pendidikan di Jepang, seperti Universitas Tokyo dan Universitas Kyoto, memiliki program studi Indonesia. 

Selain itu, pertukaran budaya melalui seni, musik, dan tarian tradisional Indonesia sering diadakan di berbagai kota di Jepang, memperkuat hubungan antar kedua negara.

3. Belanda

Sebagai negara dengan sejarah panjang bersama Indonesia, Belanda memiliki banyak institusi yang fokus pada studi Indonesia. 

Universitas Leiden, misalnya, terkenal dengan Pusat Studi Asia Tenggara dan Karibia yang menawarkan berbagai program tentang Indonesia. 

Selain itu, komunitas Indonesia di Belanda sangat aktif dalam mempromosikan budaya melalui festival, kuliner, dan seni tradisional.

Sumber: