Menghadapi Ancaman Buaya Kewaspadaan Mendesak di Desa Sungai Dua

 Menghadapi Ancaman Buaya Kewaspadaan Mendesak di Desa Sungai Dua

--

SILAMPARI.CO.ID - Desa Sungai Dua, sebuah komunitas yang teguh di tepi Sungai Komering, kembali berada dalam sorotan setelah berhasil menangkap buaya muara berukuran 1,8 meter.
 
Keberhasilan ini datang tak lama setelah kejadian serupa beberapa waktu sebelumnya, di mana warga berhasil menangkap buaya muara raksasa sepanjang 2,5 meter pada dini hari.

Kejadian penangkapan kedua ini terjadi pada Selasa (11/6) sekitar pukul 20.50 WIB. Suryadi (53), salah seorang warga, menceritakan awal dari penangkapan tersebut. Menurutnya, buaya tersebut terlihat sedang mencari makanan di area persawahan.

"Bener kita kembali nangkap buaya namun ukuran lebih kecil dari yang kemarin panjang 1,8 meter," ungkap Suryadi dengan nada lega.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Cari Regulasi Untuk Kelola Ribuan Sumur Minyak Ilegal di Muba

Menanggapi insiden ini, petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Selatan, Handok, membenarkan kejadian penangkapan tersebut. "Bener tertangkap kemarin hingga kini buaya tersebut dan akan langsung dibawa ke Balai Karantina Punti Kayu," ujarnya.

Namun, meskipun dua ekor buaya telah berhasil ditangkap, kekhawatiran akan adanya buaya lainnya tetap menghantui warga.

Handok menegaskan bahwa kehadiran buaya di area persawahan merupakan ancaman serius bagi penduduk sekitar.

"Diharapkan warga tentunya tetap berhati-hati dan waspada," pesannya.

Peristiwa ini mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan dalam menjaga keselamatan diri dan lingkungan sekitar.

BACA JUGA:Pj Gubernur Minta Kepala Daerah se-Sumsel Segera Sampaikan Laporan Realisasi Gerakan Tanam

Di tengah kegiatan memancing yang sering dilakukan oleh warga, kewaspadaan harus ditingkatkan. Meskipun penangkapan dua ekor buaya telah dilakukan, masih ada kemungkinan adanya buaya lain yang berkeliaran di sekitar area persawahan.

Kondisi ini mengajarkan kita untuk tidak mengabaikan potensi bahaya yang mungkin mengintai. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dan keamanan diri harus senantiasa diutamakan.

Sebagai sebuah komunitas yang solid, Desa Sungai Dua harus bersatu padu dalam menghadapi tantangan ini. Kolaborasi antara warga dan pihak berwenang seperti BKSDA sangatlah penting dalam upaya menjaga keamanan dan kesejahteraan bersama.

BACA JUGA: Tragedi Kiky Panggilan Untuk Perbaikan Jalan dan Keselamatan di Palembang

Mari kita jadikan insiden ini sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kewaspadaan dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai ancaman yang mungkin mengancam kehidupan kita.

Bersama-sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk kita semua.

Sumber: