5 Makanan yang Dilarang untuk Pengidap Asam Urat

5 Makanan yang Dilarang untuk Pengidap Asam Urat

5 Makanan yang Dilarang untuk Pengidap Asam Urat--freepik

SILAMPARITV.CO.ID - Asam urat adalah kondisi di mana terdapat penumpukan kristal asam urat dalam tubuh, yang bisa menyebabkan rasa nyeri hebat, pembengkakan, dan peradangan pada sendi.

Salah satu cara paling efektif untuk mengelola asam urat adalah dengan menghindari makanan tertentu yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Berikut adalah lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.

1. Daging Merah

Daging merah, seperti daging sapi, domba, dan babi, mengandung purin yang tinggi, yang dapat dipecah menjadi asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi daging merah secara berlebihan dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

• Alternatif: Pilih sumber protein rendah purin seperti daging ayam tanpa kulit, ikan dengan kadar purin rendah, atau protein nabati seperti kacang-kacangan dan tahu.

BACA JUGA:Datang Tak Diundang, 5 Gejala Asam Urat Ini Muncul di Pagi Hari

2. Seafood

Seafood seperti kerang, udang, kepiting, dan ikan sarden, anchovy, serta makarel mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Makanan laut ini dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah.

• Alternatif: Pilih ikan dengan kandungan purin yang lebih rendah, seperti salmon atau ikan trout, dan batasi konsumsinya.

3. Jeroan

Jeroan seperti hati, ginjal, otak, dan pankreas adalah sumber purin yang sangat tinggi. Makanan ini dapat dengan cepat meningkatkan kadar asam urat dan memicu serangan asam urat.

BACA JUGA:Resep Air Rebusan untuk Meredakan Asam Urat

• Alternatif: Hindari jeroan dan pilih potongan daging yang lebih ramping dengan kadar purin yang lebih rendah.

4. Minuman Beralkohol

Sumber: