Mengapa Ban Tubeless Sering Kempes? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengapa Ban Tubeless Sering Kempes? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengapa Ban Tubeless Sering Kempes? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya--

SILAMPARITV.CO.IDBan tubeless kini semakin populer di kalangan pengendara mobil dan motor berkat berbagai kelebihannya, seperti lebih tahan bocor dan tidak perlu menggunakan ban dalam.

Namun, beberapa pengguna sering mengeluhkan ban tubeless mereka yang sering kempes. Artikel ini mengulas beberapa penyebab utama mengapa ban tubeless sering kempes dan cara mengatasinya. Jadi, simak sampai selesai, ya.

1. Ban Bocor Halus

Bocor halus adalah kondisi di mana ban kehilangan udara secara perlahan tanpa ada kerusakan yang terlihat jelas. Bocor halus sering kali sulit dideteksi karena lubang atau retakan sangat kecil.

BACA JUGA:Cocok Saingi Vespa GTS 300, Ini Dia Skutik Retro Baru Lambretta G350 akan Meluncur

Kawat ban yang rusak atau bengkok dapat menyebabkan bocor halus. Kawat ini berada di dalam dinding ban dan berfungsi sebagai penopang struktur ban.

Dengan begitu, saat rongga struktur yang melebar, ban bisa kekurangan angin.

Cara Mengatasi:

- Periksa secara rutin kondisi kawat ban.

- Jika menemukan kerusakan pada kawat ban, segera ganti ban.

BACA JUGA:Pasar Motor Matic Semakin Ramai dan Variatif

2. Permukaan Ban Sudah Botak

Permukaan ban tubeless yang botak dapat menjadi salah satu penyebab ban sering kempes. Ban yang sudah botak memiliki permukaan yang tipis dan menyebabkan rongga melebar di sela-sela kawat ban.

Selain itu, ban botak tak hanya rawan kempes dan bocor, tapi juga menyimpan bahaya besar bagi keselamatan saat berkendara.

Sumber: