Polisi Lampung Jelaskan Cara Bedakan Oli Merek AHM MPX yang Asli dan Palsu

Polisi Lampung Jelaskan Cara Bedakan Oli Merek AHM MPX yang Asli dan Palsu

cara bedakan oli AHM MPX asli dan palsu--

SILAMPARITV.CO.IDDirektorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung menjelaskan cara membedakan kemasan oli merek AHM MPX 1 asli dan palsu. 

Kasubdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Lampung, Kepala Polisi (Kompol) Denny Wahyudi menjelaskan, perbedaan paling mencolok adalah garis abu-abu di bagian samping botol.

"Garis (produk) aslinya presisi dan tebal. Namun garis palsunya tidak lurus dan tipis," ujarnya dalam jumpa pers di Mapolda Lampung, dikutip dari kompas.com, Minggu 7 Juli 2024.

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Hal-hal yang Harus Dilakukan pada Malam 1 Suro

Asal produk asli AHM (Astra Honda Motor) selanjutnya dapat langsung diverifikasi dengan memindai kode QR di bagian belakang label botol.

Setelah kode QR produk asli dipindai, maka akan langsung terbuka halaman PT AHM Indonesia.

Denny mengatakan produk palsu tersebut juga memiliki kode QR. “Kalau di scan, QR code produk palsu langsung membuka website, tapi website ini juga palsu, sengaja dibuat mirip dengan website aslinya,” ujarnya.

Ciri lainnya adalah segel merah pada tutup botol. Untuk produk asli, segelnya tertutup rapat.

BACA JUGA:Sudah Masuk Bulan Juli Kok Pendaftaran CPNS 2024 Belum Dibuka? Ini Kata BKN

Pada saat yang sama, produk palsu lebih longgar dan masih dapat dilewati meskipun segelnya tidak dibuka. 

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung menemukan peredaran oli palsu merek AHM MPX 1 di Lampung. 

Barang bukti yang disita dalam penggerebekan di Lampung antara lain 7.200 botol yang terdiri dari 3.600 botol merek AHM MPX 1 ukuran 800ml dan 3.600 botol merek Federal UltraTec.

BACA JUGA:Indonesia Tak Lagi Swasembada Pangan, Ini Kata Jokowi

Sumber: