Makanan Apa Saja yang Dapat Membatalkan Wudhu Ketika Dimakan? Simak di Sini!

Makanan Apa Saja yang Dapat Membatalkan Wudhu Ketika Dimakan? Simak di Sini!

ilustrasi makanan yang dapat membatalkan wudhu--

SILAMPARITV.CO.IDDalam ajaran Islam, wudhu adalah salah satu bentuk bersuci yang dilakukan sebelum melaksanakan ibadah seperti salat. 

Meskipun ada banyak sumber dan diskusi tentang hal-hal yang membatalkan wudhu, makanan secara umum tidak termasuk di antaranya menurut mayoritas pandangan ulama dan berdasarkan hadits.

Dalam hadits, ada beberapa hal yang secara eksplisit disebutkan dapat membatalkan wudhu, seperti:

BACA JUGA:Mengapa Tubuh Kucing Bisa Sangat Lentur?

1. Buang Air Kecil atau Besar: Dari hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Allah tidak menerima salat seseorang di antara kalian jika ia berhadats sampai ia berwudhu.”

2. Tidur yang Nyenyak: Tidur yang menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran juga membatalkan wudhu. Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi menyatakan, "Mata adalah tali pengikat dubur, maka barangsiapa tidur, hendaklah ia berwudhu.”

3. Menyentuh Kemaluan: Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Nasa'i menyebutkan, “Barangsiapa menyentuh kemaluannya, maka ia harus berwudhu.”

BACA JUGA:5 Tips Memilih Bibit Parfum agar Wanginya Tahan Lama

4. Keluar Angin: Hadits dari Abdullah bin Zaid, yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari, menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian merasakan sesuatu di dalam perutnya dan ia ragu apakah sesuatu keluar darinya atau tidak, maka janganlah ia keluar dari masjid sampai ia mendengar suara atau mencium bau.”

Sementara itu, terkait makanan, ada beberapa pandangan yang sering kali muncul terkait dengan membatalkan wudhu, namun umumnya lebih terkait dengan hal-hal seperti kebersihan dan adab, bukan secara langsung membatalkan wudhu. Berikut adalah beberapa pandangan terkait makanan:

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Micro Cheating Jika Pasangan Kita Melakukannya

1. Makan Daging Unta: Ini adalah satu-satunya makanan yang secara eksplisit disebutkan dalam hadits dapat membatalkan wudhu. Hadits riwayat Muslim dari Jabir bin Samurah menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Berwudhulah kalian karena memakan daging unta.”

2. Makan Makanan Berbau Tajam: Meskipun tidak secara langsung membatalkan wudhu, ada anjuran untuk membersihkan mulut setelah makan makanan berbau tajam seperti bawang putih dan bawang merah sebelum melakukan salat.

BACA JUGA:8 Koleksi Tas Mahal Milik Joshua SEVENTEEN: Si Anak Tunggal Kaya Raya yang Selalu Tampil Chic dan Stylish

Sumber: