Ketahui Keutamaan Bulan Muharram dan Amalannya

Ketahui Keutamaan Bulan Muharram dan Amalannya

iluastasi keutamaan bulan muharram--

SILAMPARITV.CO.IDBulan Muharram adalah salah satu bulan yang sangat dimuliakan dalam Islam.

Sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah, Muharram memiliki banyak keutamaan dan berbagai amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim.

Berikut adalah beberapa keutamaan bulan Muharram dan amalan-amalan yang dapat dilakukan:

Keutamaan Bulan Muharram

1. Salah Satu Bulan Haram: Muharram termasuk dalam empat bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab) yang dimuliakan oleh Allah SWT.

BACA JUGA:10 Contoh Surat Cinta untuk Kakak OSIS saat Penutupan MPLS yang Bikin Terharu dan Berkesan

Pada bulan-bulan ini, umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan kebaikan dan menghindari perbuatan dosa karena pahala dan dosa dilipatgandakan.

2. Bulan Allah (Syahrullah): Muharram sering disebut sebagai "Syahrullah" atau bulan Allah. Sebutan ini menunjukkan betapa agungnya bulan ini di sisi Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharram." (HR. Muslim).

3. Hari Asyura: Tanggal 10 Muharram dikenal sebagai Hari Asyura. Pada hari ini, banyak peristiwa penting terjadi, termasuk penyelamatan Nabi Musa AS dan kaumnya dari kejaran Firaun.

BACA JUGA:Nantikan Film Detective Conan, Bakal Tayang 7 Agustus 2024

Umat Muslim dianjurkan untuk berpuasa pada hari Asyura karena puasa ini dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu.

Amalan-Amalan di Bulan Muharram

1. Puasa Asyura: Puasa pada tanggal 10 Muharram sangat dianjurkan. Selain itu, disunahkan juga untuk berpuasa sehari sebelum (9 Muharram) atau sehari sesudahnya (11 Muharram) untuk menyelisihi kaum Yahudi yang hanya berpuasa pada tanggal 10 Muharram.

Sumber: