Kabar Gembira untuk Para Pendaki, Pendakian Gunung Semeru Siap Dibuka Kembali

Kabar Gembira untuk Para Pendaki, Pendakian Gunung Semeru Siap Dibuka Kembali

Pendakian gunung semeru akan dibuka kembali--

SILAMPARITV.CO.IDPusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Semeru dari level 3 (peringatan) menjadi level 2 (peringatan).

Seiring memburuknya kondisi, pendakian Gunung Semeru bersiap dibuka kembali.

Direktur Decky Kawasan 2 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menyatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan pembukaan jalur pendakian, termasuk sistem reservasi online dan tim penyelamat.

“Setelah status Gunung Semeru dipindahkan ke status waspada, kami masih mempersiapkan segala sesuatunya untuk membuka pendakian Gunung Semeru,” ujarnya, dikutip dari detiktravel.com, Jum'at 19 Juli 2024.

BACA JUGA:Gunung Semeru di Lumajang Alami Letusan 99 Kali dan Guguran 98 Kali Sejak Kemarin

Lanjut Decky, TNBTS saat ini sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk membuka jalur pendakian. Baik dengan paguyuban kuli angkut, Bumdes maupun paguyuban PKL.

Selain itu, TNBTS juga akan mengadakan pertemuan dengan berbagai instansi terkait dalam waktu dekat untuk mempersiapkan pembukaan jalur pendakian gunung Semeru.

“Kami juga sedang melakukan pertemuan dengan berbagai instansi untuk mempersiapkan pembukaan jalur pendakian gunung Semeru,” tutup Decky.

Sebelumnya, badan geologi PVMBG menurunkan status peringatan Gunung Semeru setelah melakukan penilaian dan analisis menyeluruh terhadap aktivitas vulkanik gunung tersebut.

BACA JUGA:Apakah Suhu Dingin di Indonesia Disebabkan oleh Fenomena Aphelion? Ini Kata BMKG

Memburuknya kondisi Gunung Semeru dilaporkan dalam surat nomor 968. Lap/GL.03/BGV/2024 ditandatangani oleh Priatin Hadi Wijaya, Direktur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

“Berdasarkan analisa dan evaluasi mendalam sampai dengan tanggal 14-07-2024, tingkat aktivitas Gunung Semeru turun dari Level III (Peringatan) menjadi Level II (Peringatan) pada 15-07-2024 pukul 15.:00:00 WIB,” bunyi surat itu mengutip dari laman PVMBG.

Meski statusnya memburuk, PVMBG tetap mengeluarkan rekomendasi berdasarkan potensi bahaya dan risiko terkini.

Berikut sederet rekomendasi kepada masyarakat dan wisatawan seiring diturunkannya status Gunung Semeru menjadi Level II (Peringatan).

Sumber: