Mundur dari Pilpres AS, Siapa Pengganti Biden?

Mundur dari Pilpres AS, Siapa Pengganti Biden?

presiden AS Biden undurkan diri--

SILAMPARITV.CO.IDCalon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat kini sudah siap setelah Presiden Joe Biden mengguncang dunia politik dengan mengumumkan akan mundur dari pencalonan presiden pada pemilu November mendatang.

Biden malah menyatakan dukungannya kepada Wakil Presiden Amerika Serikat (Wapres) Kamala Harris

Namun hingga saat ini belum diketahui secara pasti siapa calon presiden dari Partai Demokrat yang akan bertarung melawan calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump pada pemilu mendatang.

Melansir dari CBS News pada Senin, 22 Juli 2024, Biden mengumumkan dukungannya terhadap Harris sebagai calon presiden dari Partai Demokrat tak lama setelah mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden. 

BACA JUGA:Selain Drama Romance, Ini Dia Film dan Drama Action yang Diperankan oleh Kim Seonho!

Dia menyebut keputusannya memilih Harris sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat sebagai "keputusan terbaik yang pernah saya buat" dan menawarkan "dukungan dan persetujuan penuh".

Sementara itu, anggota senior Komite Nasional Demokrat menggelar rapat darurat pada Minggu malam (21 Juli) waktu setempat.

Meski mendapat dukungan dari Biden, belum tentu Harris terpilih menjadi calon presiden AS yang didukung Partai Demokrat.

Biden sendiri tidak punya kewenangan untuk memilih penggantinya, karena perwakilan Partai Demokrat melakukan konsolidasi untuk mendukung kandidat baru tersebut.

BACA JUGA:Happy Wonwoo Day! Member SEVENTEEN Sebar Foto-Foto Wonwoo Tanpa Makeup

Namun, nasib Harris pada akhirnya terletak di tangan sekitar 4.700 delegasi Partai Demokrat yang akan secara resmi memilih calon presiden pada pertemuan dalam beberapa minggu mendatang.

Perwakilan Partai Demokrat yang pernah mendukung Biden tidak diharuskan mendukung kandidat pilihannya. 

Selain nama Harris, menurut CBS News, ada beberapa nama politisi Amerika yang dianggap berpotensi menjadi kandidat.

Mereka adalah Gubernur California Gavin Newsom, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, Senator Minnesota Amy Klobuchar, Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, Senator Virginia Barat Joe Manchin, Gubernur Illinois JB Pritzker, Gubernur Kentucky Andy Beshear, dan Gubernur USTA Peti Mo Gubernur Maryland Wes.

Sumber: