Mengenal Seni Budaya Wayang Kulit yang Sering Jadi Hiburan di Bulan Suro

Mengenal Seni Budaya Wayang Kulit yang Sering Jadi Hiburan di Bulan Suro

ilustrasi mengenal budaya wayang yang biasa diadakan di bulan suro--freepik

SILAMPARITV.CO.IDWayang kulit merupakan salah satu seni budaya yang menjadi kebanggaan Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. 

Seni pertunjukan ini menggunakan boneka-boneka dari kulit yang diukir sedemikian rupa sehingga membentuk karakter-karakter yang memiliki peran penting dalam cerita-cerita yang dibawakan. 

Pertunjukan wayang kulit biasanya diiringi oleh musik gamelan dan dipandu oleh seorang dalang yang menghidupkan cerita melalui suara dan gerakan boneka wayang.


nanggap wayang --pemkab blora

BACA JUGA:Kenapa Makan di Depan Pintu Dilarang? Ini Menurut Budaya Suku Jawa

BACA JUGA:Tradisi Suku Jawa Setiap Malam 1 Suro: Larangan Keluar di Waktu Maghrib

Salah satu momen penting dalam kalender budaya Jawa yang sering dirayakan dengan pertunjukan wayang kulit adalah bulan Suro, bulan pertama dalam kalender Jawa yang bertepatan dengan bulan Muharram dalam kalender Hijriah. 

Bulan Suro dianggap sebagai bulan sakral dan penuh makna, di mana berbagai upacara adat dan kegiatan ritual dilakukan untuk memperingati dan menghormati leluhur serta menjaga tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Pertunjukan wayang kulit pada bulan Suro sering kali diadakan semalam suntuk, mulai dari malam hingga pagi hari. 

BACA JUGA:Wajib Diketahui! 5 Hal yang Dilarang pada Malam 1 Suro

BACA JUGA:Sejarah Malam 1 Suro Berdasarkan Pandangan Islam

Tema cerita yang dibawakan biasanya mengandung nilai-nilai moral dan spiritual yang mendalam, serta sering kali diambil dari epos besar seperti Ramayana dan Mahabharata. 


mengenal seni budaya wayang tradisi di bulan suro--pemkab blora

Dalam konteks perayaan bulan Suro, cerita-cerita tersebut tidak hanya bertujuan untuk menghibur, tetapi juga untuk memberikan pelajaran hidup dan refleksi spiritual kepada penonton.

Sumber: