3 Pegunungan yang Aman untuk Para Pendaki di Sumsel, Apa Saja?

3 Pegunungan yang Aman untuk Para Pendaki di Sumsel, Apa Saja?

ilustrasi gunung dempo--detik.com

SILAMPARITV.CO.IDSumatera Selatan (Sumsel) memiliki beberapa pegunungan yang menawarkan pengalaman mendaki yang menantang namun relatif aman untuk para pendaki. 

Berikut adalah tiga pegunungan di Sumsel yang dapat menjadi pilihan menarik:

Gunung Dempo

Terletak di perbatasan antara Sumsel dan Bengkulu, Gunung Dempo adalah salah satu gunung berapi aktif di Sumatera yang menawarkan jalur pendakian yang aman dan terawat. 

BACA JUGA:3 Daerah Terpencil di Sumatera Selatan, Apa Saja?

Dengan ketinggian mencapai 3.173 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Dempo adalah puncak tertinggi di Sumsel. Jalur pendakiannya cukup populer dan sering dijadikan tujuan pendakian, terutama bagi pendaki pemula dan menengah. 

Fasilitas pendukung seperti pos pendakian dan petunjuk jalur yang jelas membantu memastikan keselamatan para pendaki. Selain itu, pemandangan dari puncak gunung ini sangat memukau, dengan panorama kota Pagar Alam yang dapat dilihat dari ketinggian.

Gunung Seminung

BACA JUGA:Rekomendasi Penginapan Murah di Palembang, Lokasi Dekat Jakabaring

Gunung Seminung, dengan ketinggian 1.893 mdpl, terletak di Kabupaten Lampung Barat, yang berbatasan langsung dengan Sumsel. Gunung ini merupakan pilihan ideal bagi pendaki yang mencari jalur yang tidak terlalu ekstrem. 

Pendakian ke Gunung Seminung menawarkan pengalaman yang relatif aman dengan jalur yang sudah dikenal baik. Keindahan hutan tropis di sepanjang jalur pendakian serta pemandangan alam yang hijau menjadi daya tarik utama. Meskipun tidak setinggi Gunung Dempo, Gunung Seminung tetap menawarkan keindahan alam yang menawan dan suasana yang tenang.

BACA JUGA:Penyelundupan BBL Sebanyak 37.804 Ekor dari Lampung Berhasil Diamankan oleh Polda Sumsel

BACA JUGA:Penggerebekan Kawasan 36 Ilir Palembang, 5 Orang Berhasil Diamankan Polisi

Gunung Tanggamus

Sumber: