Tidak Perlu ke Dokter, Ini Cara Atasi Sakit Jantung Secara Alami

Tidak Perlu ke Dokter, Ini Cara Atasi Sakit Jantung Secara Alami

ilustrasi menjaga kesehatan jantung--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSakit jantung adalah masalah kesehatan yang serius, namun beberapa metode alami bisa membantu meredakan gejala dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. 

Meskipun tidak menggantikan perawatan medis profesional, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung dengan cara alami, dilansir dari laman Mayo Clinic, Minggu 1 September 2024.

1. Diet Sehat untuk Jantung

Pola makan sehat adalah salah satu cara paling efektif untuk mendukung kesehatan jantung. Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, sarden, dan biji chia, dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

BACA JUGA:5 Buah Tinggi Serat yang Bisa Dikonsumsi Saat Sembelit, BAB Kembali Lancar

BACA JUGA:4 Tips Cegah Penyakit Flu dan Batuk di Musim Kemarau

Selain itu, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang kaya akan serat dan antioksidan. Kurangi konsumsi garam, gula, dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Aktivitas Fisik Rutin

Olahraga teratur memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular. 

Latihan aerobik yang dilakukan minimal 150 menit per minggu dapat meningkatkan kekuatan jantung, mengurangi tekanan darah, dan membantu mengelola berat badan. 

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Sarapan yang Perlu Kalian Hindari, Agar Perut Tidak Buncit

BACA JUGA:Cewek Wajib Tahu! Ternyata Ini Penyebab Kamu Sering Sakit Saat Haid

Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika Anda memiliki masalah jantung yang sudah ada.

3. Mengelola Stres

Sumber: