Siap Dukung Pengembangan Industri Data Center di Indonesia, PLN Sediakan Listrik Bersih

Siap Dukung Pengembangan Industri Data Center di Indonesia, PLN Sediakan Listrik Bersih

PT PLN (Persero) siap dukung pengembangan industri data (data center) di Indonesia melalui penyediaan listrik andal dan bersih. --

SILAMPARITV.CO.IDPT PLN (Persero) siap dukung pengembangan industri data (data center) di Indonesia melalui penyediaan listrik andal dan bersih. 

Hal ini dalam rangka membantu pemerintah untuk mewujudkan transformasi digital demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. 

Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk mendukung pertumbuhan adopsi teknologi digital di Indonesia, ia menyoroti pentingnya pengembangan bisnis data center di Indonesia

Sehingga, melalui hal ini pemerintah terus mendorong ketersediaan infrastruktur yang memadai supaya investasi bisnis data center bisa masuk ke Indonesia. 

BACA JUGA:Ini Dia 8 Sate yang Dicicipi Ji Chang Wook Saat di Indonesia

BACA JUGA:Kolaborasi Atasi Tantangan Distribusi Listrik: PLN UP3 Bengkulu dan TNI Kerjasama Tingkatkan Keandalan Listrik

Hingga tahun 2032 dengan peningkatan per tahun sebesar 4,8%, diperkirakan pasar data center global akan tumbuh USD 39,7 miliar. 

Sementara di Indonesia pasar pusat data memberi peluang ekonomi hingga USD 3,37 miliar. Tak hanya itu, posisi Indonesia sebagai pusat persimpangan jalur komunikasi global menjadikan RI berpeluang menjadi hubungan bisnis data center. 

“Ada kesamaan faktor pendukung (investasi) yang dapat dijadikan benchmark untuk Indonesia. Misalnya, seperti faktor kemudahan dalam proses perizinan, ketersediaan infrastruktur dan energi, serta pemberian insentif yang mendukung investasi,” ungkap Budi dalam CNBC Indonesia Data Center Industry Dialogue pada Kamis, (12/9).

BACA JUGA:PLN Jaring Talenta Terbaik Rekrut 135 Mahasiswa ITPLN dalam Program Ikatan Kerja

BACA JUGA:4 Agenda Ini Bisa Jadi Perayaan Hari Maulid Nabi 2024

Budi juga menegaskan adanya besarnya potensi Indonesia menjadi data center di tingkat regional. Oleh karena itu, pihaknya tengah melakukan berbagai kebijakan afirmatif untuk mempercepat pertumbuhan sektor ini.

"Pemerintah terus melakukan terobosan kebijakan untuk menciptakan iklim investasi yang mendukung pertumbuhan industri data center, meningkatkan persaingan usaha, serta menjawab kebutuhan publik melalui inovasi teknologi," sambung Budi.

Darmawan Prasodjo, selaku Direktur Utama PLN menjelaskan bahwa PLN siap mendukung upaya Pemerintah untuk menyukseskan tumbuhnya bisnis data center di Indonesia.

Sumber: