Jurus Kebahagiaan Ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhana Itu

Jurus Kebahagiaan Ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhana Itu

hal sederhana yang dilakukan orang finlandia untuk menjaga kebahagiaannya--freepik

SILAMPARITV.CO.IDDari sekian banyaknya negara di dunia, Finlandia menempati peringkat nomor satu sebagai negara paling bahagia di dunia menurut World Happiness Report selama enam tahun berturut-turut.

Dilansir dari filsuf dan peneliti psikologi Finlandia, Rabu, 18 September 2024, Frank Martela mengungkapkan 3 rahasia masyarakat Finlandia untuk mempertahankan kualitas hidup bahagianya;

Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain

Martela mengatakan bahwa orang Finlandia tidak pernah memamerkan kekayaan dan pekerjaan mereka sepanjang waktu. Karena mereka sangat menganut pepatah “Kell’ onni on, se onnen kätkekön” yang artinya “Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan diri anda”.


ilustrasi rahasia orang finlandia bahagia--freepik

BACA JUGA:7 Hal Sederhana yang Bisa Membuat kita Lebih Bahagia

BACA JUGA:5 Zodiak Paling Ahli dalam Menciptakan Suasana Menyenangkan

Salah satu tips kebahagiaan yang diyakini orang Finlandia adalah fokus pada apa yang membuat anda bahagia dan jangan pernah memamerkan kesuksesan anda. Mereka percaya bahwa langkah pertama menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standar diri sendiri dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Tidak Mengabaikan Manfaat Alama

Berdasarkan hasil survei sitra 2021, 87% masyarakat Finlandia percaya bahwa lingkungan penting bagi mereka karena membawa kedamaian, energi, dan relaksasi.

Di Finlandia, semua karyawan berhak mendapat liburan musim panas selama empat minggu atau satu bulan. Mereka kerap berlibur di pedesaan dan “menyatu” dengan alam. Semakin tidak modernnya kehidupan, semakin baik, bahkan sampai pada titik di mana tidak ada listrik atau air mengalir di rumah.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Film Studio Ghibli, Bisa Sebagai Hiburan Waktu Luang

BACA JUGA:8 Rekomendasi Drama Korea (drakor) Buat Kamu yang Mempunyai Waktu Luang

Bagi orang Finlandia, menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan pengembangan diri.

Sumber: