Jika Anda Merasa Cemas dan Stres, Gunakan 8 Teknik Ini Untuk Menenangkan Diri Secara Mental Menurut Psikologi

Jika Anda Merasa Cemas dan Stres, Gunakan 8 Teknik Ini Untuk Menenangkan Diri Secara Mental Menurut Psikologi

8 Teknik Ini Untuk Menenangkan Diri Secara Mental Menurut Psikologi--freepik

Setelah beberapa menit berlari, pikirannya menjadi jernih dan kecemasannya mereda secara signifikan. Berolahraga melepaskan endorfin – bahan kimia alami yang meningkatkan suasana hati – yang menetralisir pikiran negatif.

3. Meditasi penuh kesadaran

Meditasi mindfulness melibatkan duduk diam dan menyadari pikiran, suara, pernapasan, atau bagian tubuh tertentu. Teknik ini melatih pikiran untuk fokus dan mengubah arah pikiran.

Dalam bukunya The Hidden Secrets of Buddhism, Brown menjelaskan konsep mindfulness dari sudut pandang Buddhis. Pelatihan ini mengajarkan anda bagaimana menjadi utuh dalam setiap momen dan mengelola stres dan kecemasan dengan lebih baik.

BACA JUGA:Ekowisata Hutan Mangrove Purba Jerowaru Lombok Timur Kerek Ekonomi Masyarakat, Bak Oase di Padang Gurun

BACA JUGA:Ini 6 Red Flag dalam Hubungan, Tanda Pasangan Tak Lagi Perlu Dipertahankan

4. Relaksasi otot progresif

Teknik relaksasi otot progresif melibatkan injeksi dan pelepasan kelompok otot berbeda di tubuh. Metode ini didasarkan pada konsep koneksi pikiran-tubuh, mengetahui bahwa relaksasi fisik dapat mengarah pada relaksasi mental.

Latihan ini dimulai dengan mengontraksikan sekelompok otot saat Anda menarik napas, lalu mengendurkannya saat anda mengeluarkan napas. Teknik ini dimulai dari kaki dan berlanjut ke kepala.

5. Merangkul kecemasan


ilustrasi merangkul kecemasan--freepik

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, cara efektif untuk menenangkan diri adalah dengan mengakui rasa cemas. Pendekatan ini berasal terapi penerimaan dan komitmen (ACT).

BACA JUGA:3 Zodiak yang Tidak Suka Menunda Pekerjaan, Alias Cekatan

BACA JUGA:Jaga Kesetiaan: Ini 7 Tanda Pasangan Setia yang Harus Anda Ketahui

Idenya adalah dengan mengakui dan menerima emosi, ini termasuk kecemasan, anda dapat mengurangi kekuatannya. Daripada melihat kecemasan sebagai sesuatu yang buruk yang harus dihilangkan, anggaplah kecemasan sebagai bagian dari pengalaman manusia.

Sumber: