7 Cara yang Ampuh Untuk Mengurangi Rasa Gatal Pada Jerawat, Menurut Para Ahli Dermatologi

7 Cara yang Ampuh Untuk Mengurangi Rasa Gatal Pada Jerawat, Menurut Para Ahli Dermatologi

ilustrasi wajah berjerawat--freepik

SILAMPARITV.CO.IDJerawat merupakan salah satu kondisi kulit yang umum menyerang banyak orang, baik tua maupun muda. Meski umum, jerawat disertai rasa gatal dan rasa nyaman sehari-hari.

Menggaruk jerawat mungkin mendapatkan sedikit kelegaan, namun tindakkan itu dapat memperburuk gejala dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Tujuh cara efektif mengurangi timbulnya jerawat sesuai anjuran dokter kulit. Dengan tindakan yang tepat, Anda bisa menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan jerawat lebih cepat.

Dikutip dari laman Healthline, Selasa 15 Oktober 2024, berikut ini adalah tujuh cara efektif untuk mengurangi rasa gatal pada jerawat, berdasarkan saran dari para ahli dermatologi.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Pensil Alis Waterproof Terbaik dan Tahan Lama, yang Punya Kulit Berminyak Wajib Coba

BACA JUGA:7 Tanda Sikap Orang yang Berjiwa Muda dan Periang

1. Jaga kebersihan kulit


ilustrasi jaga kebersihan kulit--freepik

Menjaga kebersihan kulit merupakan langkah penting pertama dalam mengendalikan jerawat dan rasa gatal yang terjadi. Cuci wajah Anda dua kali sehari dengan sabun lembut bebas pewangi.

Hindari menggosok kulit yang terlalu keras karena itu dapat menyebabkan iritasi. Selalu mencuci muka dengan air dingin untuk menenangkan kulit mati.

2. Gunakan palembap yang ringan

Kulit kering membuatnya semakin nyeri. Menggunakan pelembab yang ringan, seperti lotion berbahan dasar air dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Pilihlah produk yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya dan centella asiatica yang bersifat melindungi dan anti inflamasi.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Krim Siang untuk Usia 40 Tahun ke Atas

BACA JUGA:8 Bahan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Diakui Dokter Kulit

Sumber: