4 Cara Senam Otak untuk Meningkatkan Daya Ingat, Wajib Dicoba!

4 Cara Senam Otak untuk Meningkatkan Daya Ingat, Wajib Dicoba!

Meningkatkan Daya Ingat--freepik

SILAMPARITV.CO.ID-Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan menjaga kebugaran fisik. Salah satu cara efektif untuk melatih otak agar tetap tajam dan meningkatkan daya ingat adalah dengan melakukan senam otak.

 Senam otak terdiri dari berbagai latihan mental yang dapat merangsang otak, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat memori.

 Berikut adalah 4 cara senam otak yang wajib Anda coba untuk menjaga otak tetap aktif dan sehat.

1. Latihan Cross Crawl

Cross Crawl adalah gerakan yang melibatkan koordinasi antara tubuh bagian kanan dan kiri untuk merangsang kedua sisi otak. Cara melakukannya:

Berdiri dengan tegak.

Angkat tangan kanan dan sentuh lutut kiri secara bergantian, lalu lakukan hal yang sama dengan tangan kiri ke lutut kanan.

BACA JUGA:Tanpa Blokir, Begini 4 Cara Agar Orang Tidak Bisa Kirim Wa

BACA JUGA:3 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak & Cara Memilihnya

Ulangi gerakan ini selama 1-2 menit. Gerakan ini tidak hanya melatih keseimbangan tubuh, tetapi juga meningkatkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat dengan melibatkan kerja otak secara menyeluruh.

2. Membaca Terbalik

Salah satu cara yang menarik untuk melatih otak adalah dengan mencoba membaca tulisan terbalik. Anda bisa menulis sebuah kata atau kalimat dalam posisi terbalik di atas kertas, lalu cobalah membacanya. 

Latihan ini membantu otak bekerja lebih keras untuk memproses informasi visual yang tidak biasa, sehingga meningkatkan kemampuan memori dan kognitif.

Sumber: